Desakan Pemekaran Kabupaten Garut Utara Makin Menguat

by

Garut News ( Selasa, 23/06 – 2015 ).

Bupati Garut. (Foto: John Doddy Hidayat).
Bupati Garut. (Foto: John Doddy Hidayat).

– Banyak pemuka dan tokoh masyarakat tergabung “Paguyuban Masyarakat Garut Utara” (PM Gatra) mendesak Bupati Rudy Gunawan segera membuat Nota Persetujuan terkait pembentukan Panitia Khusus DPRD Garut tentang Pembentukan “Daerah Otonomi Baru Kabupaten Garut Utara” (DOB Gatra).

Agar aspirasi terkait terbentuknya DOB Gatra secepatnya terwujud demi peningkatan pelayanan pada masyarakat. Sekaligus menghilangkan disparitas, serta mengakselerasi kegiatan pembangunan di wilayah utara Garut.

“Kami sudah audensi dengan DPRD. Mereka siap membentuk Pansus DOB Gatra. Tetapi harus ada nota persetujuan dari Bupati agar bisa dibawa dalam Prolegda (Program Legislasi Daerah) dan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Garut. Sehingga, kami meminta Bupati bisa mendukung dan segera memberikan persetujuan dibentuk Pansus DOB Gatra,” tandas Ketua PM Gatra Holil Aksan Umarzen ketika beraudensi dengan Rudy Gunawan di Ruang Rapat Wakil Bupati Garut, Senin (22/06-2015).

Desakan senada dikemukakan tokoh juga budayawan Sunda Usep Romli HM. Menurutnya, dengan wilayah sangat luas dan berpenduduk sekitar 2,5 juta, selaiknya Kabupaten Garut dimekarkan menjadi tiga daerah, terdiri Kabupaten Garut Selatan, Kabupaten Garut Utara, dan Kota Garut. Sesuai UU Nomor 32/2004 tentang Pemerintahan Daerah.

Dikemukakan, syarat pengajuan DOB minimal didukung enam kecamatan berjumlah penduduk 500 ribu jiwa dan dukungan dari 60 Badan Perwakilan Desa. Saat ini, kata dia, DOB Gatra didukung 82% BPD di 11 kecamatan.

“Jadi tidak ada alasan bagi DPRD dan Bupati tak mendukung dan menyetujui dibentuknya Pansus DOB Gatra. Ini supaya jelas dan terang, apakah Gatra laik atau tidak dijadikan DOB,” tegas Usep.

Sebanyak 11 kecamatan digadang-gadang tergabung DOB Gatra meliputi Kecamatan Balubur Limbangan, Selaawi, Kersamanah, Malangbong, Cibatu, Sukawening, Karangtengah, Cibiuk, Lewigoong, Leles, dan Kadungora.

Rudy mendukung pemekaran wilayah Utara Garut. Dia pun setuju jika Garut seharusnya dimekarkan menjadi tiga daerah.

Namun mengingatkan mekanisme pengusungan pembentukan DOB Garut Utara beda dengan pembentukan Garut Selatan karena berbedanya undang-undang menjadi rujukan.

DOB Garut Selatan masih menggunakan UU Nomor 32/2004, sedangkan DOB Gatra menggunakan UU Nomor 23/2014. UU baru tersebut, keputusan pembentukan DOB ditentukan Kementerian Dalam Negeri, katanya.

“Kalau Pusat menyatakan Garut utara layak dijadikan DOB, saya harus mendukungnya. Jadi, DPRD juga silakan membentuk Pansus DOB Gatra, tak perlu ada persetujuan Bupati. Sedangkan untuk surat persetujuan/dukungan resmi, Insya Allah saya buatkan resmi dan saya tandatangani,” katanya pula.

********

Noel, Jdh.