Corona Jangan Alihkan Isu Utama Garut Pengurangan AKI/AKB

0
12 views
Bersama Istri.
Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Bisa Cegah Beragam Jenis Penyakit.

“20 Persen dari 60.000 Perempuan Hamil Garut Berisiko”

Garut News ( Rabu, 12/02 – 2020 ).

Wakil Bupati Garut dr H. Helmi Budiman mengingatkan beragam kalangan, agar isu virus corona kini sangat menyentak perhatian dunia, tak mengalihkan isu utama di Garut yang semestinya menjadi perhatian. Berupa isu pengurangan ‘angka kematian ibu’ (AKI), dan ‘angka kematian bayi’ (AKB).

“Apalagi, pada 2020 ini ada 60.000 perempuan hamil di kabupatennya siap melahirkan. Mencapai 20 persen di antaranya beresiko sehingga kudu mendapatkan perhatian,” tandasnya¬†saat membuka Pertemuan Kesiapsiagaan Infeksi Novel Coronavirus (2019-nCOv) di Cipanas Garut, Selasa (11/02-2020).

Sedangkan isu virus corona, kemunculan wabah tersebut diharapkan manjadi momentum masyarakat melaksanakan perilaku hidup bersih, sehat, dan selalu mengonsumsi makanan halal, juga thoyiban.

“Pemkab pun melalui RSU dr Slamet Garut menyiapkan fasilitas guna mengantisipasi kasus virus corona. RSU dr Slamet Garut berpengalaman menghadapi virus flu burung 2007, “ katanya.

Dikatakan Helmi Budiman, kendati di Garut belum ditemukan kasus ini, jangan sampai ditemukan kasus warga terjangkit. Kita berharap pula secara umum di Indonesia tidak akan ada wabah corona, imbuhnya.

Sebelumnya, pada Lokakarya Meningkatkan Akses dan Kualitas Pelayanan Kesehatan Ibu dan Bayi Baru Lahir di wilayah Terkendala Masalah Geografis, dan Budaya Paraji Kabupaten Garut Maret 2019, Perwakilan USAID Jalin Provinsi Jabar Joko Sutikno menyebutkan, tren kematian ibu melahirkan maupun kematian bayi baru lahir di Garut sejak 2013 meningkat terus.

Padahal rata-rata kematian ibu maupun kematian bayi lahir di Jabar cenderung menurun.

Pada 2018, Garut bahkan menempati urutan ke tiga terbanyak di Jabar dalam kasus AKI dengan kematian ibu mencapai 55 kasus.

Sejak 2016 hingga 2018, Garut pun tercatat sebagai kabupaten dengan kematian bayi baru lahir terbanyak.

********

Abisyamil, JDH/Fotografer : John Doddy Hidayat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here