Cipanas Indah Siapkan Ragam Kenyamanan Pergantian Tahun

0
42 views
Herman, S.Kom.

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat

Garut News ( Sabtu, 12/11 – 2016 ).

Herman, S.Kom.
Herman, S.Kom.

Wahana wisata “Cipanas Indah” (CI) senantiasa menyiapkan ragam kenyamanan bagi setiap seluruh wisatawan yang mendatanginya pada Desember mendatang, sejak menjelang pergantian tahun 2016 – 2017.

Sehingga kini gencar diselenggarakan ragam penataan pada semua lini, yang berbasiskan “Sapta Pesona”, ungkap Kepala UPTD Cipanas Indah, Herman, S.kom.

Kepada Garut News di ruang kerjanya, Sabtu (12/11-2016), juga mengemukakan selama ini pun dilaksanakan pula pembenahan setiap seluruh proses operasional.

Cipanas Indah Garut.
Cipanas Indah Garut.

Termasuk pengecetan pada pelbagai sarana-prasarana juga fasilitas pendukung, kemudian pemasangan neon box, termasuk pengecetan serta pembenahan sarana pertamanan, upaya pembenahan fisik sarana-prasarana tersebut, digarap secara berswadaya dengan “menggandeng” peran serta pihak ketiga atawa sponsorship.

Sedangkan lokasi Taman Cipanas yang terletak di atas kolam renang, serta taman bermain anak-anak dan keluarga, diagendakan bakal dijadikan “Sanggar Budaya Taman Cipanas”.

Dengan ragam upaya pembenahan juga penataan itu, maka optimis target kinerja capaian “Pendapatan Asli Daerah” (PAD) Rp1,580 miliar dari potensi wisata CI ini, bisa terealisasi melampaui seratus persen.

Sajikan Kenyamanan Beristirahat.
Sajikan Kenyamanan Beristirahat.

Diagendakan pula segera mewujudkan “Aqua Therafi”, bahkan pada Pebruari 2017 mendatang direncanakan menggelar festival seni budaya adat, di antaranya disemarakan permainan “Lais”, serta “Dogar/Domba Garut”, juga jalan santai sepanjang enam kilometer menempuh lintasan Cipanas-Rancabango-Bundaran Simpang Lima kemudian kembali ke Cipanas.

Sedangkan pembangunan “waterboom” diagendakan pula bisa segera diwujudkan bersumber dari hibah PT. Sosro, ungkap Herman.

Karena itu, pada 2017 mendatang juga diagendakan obyek wisata CI bisa memiliki taman air yang diprediksi bakal menyerap biaya sekitar Rp10 miliar, Namun sumber pendanaannya kemungkinan dari Kementerian maupun kalangan investor.

Wujudkan Kualitas Jasa Layanan Berbasis “Sapta Pesona”.
Wujudkan Kualitas Jasa Layanan Berbasis “Sapta Pesona”.

Sehingga, saat ini pun terus diselenggarakan pelbagai upaya bisa menjaring kalangan permodal, yang diharapkan bisa terjalin kerjasama yang baik, dan sehat guna meningkatkan perkembangan kemajuan potensi wisata tersebut.

Mewujudkan peningkatan daya saing Cipanas Indah, sekaligus terwujudnya kualitas jasa layanan yang bisa memanjakan para wisatawan, dengan kesiapan prima 15 kamar yang tersedia.

Agar mereka lebih betah berada di Kabupaten Garut sebagai kabupaten yang “Bermartabat, Nyaman, dan Sejahtera”, imbuh Herman.

Menyusul berdasar pelbagai penelitian selama ini menunjukan ;

Cipanas Indah.
Cipanas Indah.

Air panas alami Cipanas, bersumber dari Gunungapi Guntur, memiliki kualitas terbaik di Indonesia. Lantaran sama sekali tak berbau belerang.

Bahkan sama sekali pula tak berkadar belerang, airnya jernih dan bersih juga paling bening.

 

******