Bupati : Kinerja Disdik Lebih Buruk Daripada RSU Sekarang

0
34 views

Fotografer : John Doddy Hidayat

Garut News ( Senin, 28/03 – 2016 ).

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Terdapatnya pemuatan soal ujian mata pelajaran Bahasa Indonesia tingkat “Sekolah Dasar” (SD) dalam “Pemantapan Persiapan Ujian Sekolah” (PPUS) dinilai menyudutkan RSU dr. Slamet Garut pekan lalu. Ternyata berbuntut panjang.

Menyusul Bupati Rudy Gunawan pun, sangat menyesalkan peristiwa tersebut. Dia menyalahkan pihak Dinas Pendidikan (Disdik) selaku pihak paling bertanggung jawab atas persoalan sempat menimbulkan kegaduhan antara pihak RSU dengan Disdik itu. Rudy bahkan menilai kinerja pelayanan Disdik masih lebih buruk daripada RSU sekarang.

Kendati masih belum memuaskan, Rudy mengklaim kondisi dan pelayanan di RSU sudah lebih baik daripada sebelumnya. Apalagi kenyamanannya dirasakan masyarakat pada 2019, setelah ada tambahan investasi Rp250 miliar untuk penambahan tempat menginap

“Kalau Disdik buruk, tak ada mengatakan bagus. Termasuk dari ombudsman. Maka kami sangat menyesalkan adanya soal itu,” ungkap Rudy kepada wartawan, belum lama ini.

Dia menunjukkan buruknya kinerja Disdik. Menurutnya, buruknya kondisi sarana prasarana sekolah mencapai 70 persen, dengan 30 persen di antaranya bahkan terancam ambruk.

“Mestinya ada pertanyaan, apakah pelayanan Disdik selama ini sudah bagus? Atau sekolah bagus? Kenapa di Garut terjadi sodomi terhadap anak-anak? Di mana guru pada saat itu? Nah, harusnya ada pertanyaan seperti itu,” tandas Rudy.

Menurut Rudy, munculnya soal menyudutkan RSU itu sebagai hal yang tak etis. Karenanya, dia akan memeriksa semua pihak dan semuanya akan diberikan sanksi berat. Mulai guru pembuat soal, pengawas, hingga Kepala Seksi, Kepala Bidang, dan pejabat lain di lingkungan Disdik.

“Pokoknya terlibat di dalamnya, saya berikan sanksi berat,” tegasnya.

Kegaduhan itu dipicu soal dinilai menyudutkan RSU pada nomor 31 dalam ujian PPUS mata pelajaran Bahasa Indonesia tingkat SD, pekan lalu. Soal ini memuat seputar gambaran pelayanan RSU Garut yang buruk. Baik tenaga pegawai maupun ketersediaan fasilitasnya.

Pihak Disdik mengaku kejadian tersebut kelalaiannya, dan dilakukan klarifikasi terhadap pihak RSU Garut, katanya.

*******

( nz, jdh ).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here