Bupati Garut Mengapresiasi Para Tokoh Batik Garutan

Bupati Garut Mengapresiasi Para Tokoh Batik Garutan

149
0
SHARE
Diapresiasi Bupati.
Kain Batik pun Menawan Dijadikan Busana Anak-Anak.

Garutnews, Senin ( 02/10 – 2023 ).

Bupati Rudy Gunawan memberi penghargaan kehormatan bagi para pembatik Kabupaten Garut, sekaligus mengapresiasi positif terhadap keunggulan ragam Batik Garutan yang mencapai intensitas ketenaran.

“Terdapatnya tokoh batik, sehingga pameran di mana pun Batik Garutan itu luar biasa,” ungkapnya, Senin (01/10-2023).

Diapresiasi Bupati.

Dia mengingatkan, pentingnya memiliki galeri batik di kabupatennya, seiring dengan keberadaan rumah produksi bersama seperti yang ada pada produk kulit.

“Rumah produksi bersama kulit ada KUKM, bisa dirumuskan ke depan bagaimana untuk batik sebagai bagian promosi sangat mendunia,” katanya.

Sedangkan para kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkab setempat menggelar fashion show mengenakan batik bermotif Batik Garutan sebagai wujud penghormatan terhadap pembatik lokal.

Bupati katakan, fashion show ini ungkapan terima kasih dari SKPD terhadap para pembatik yang berkontribusi besar memajukan warisan budaya.

Menurutnya,  kini ada sekitar 200 pembatik aktif, 56 di antaranya dianugerahi penghargaan bersertifikat akreditasi sebagai pengakuan atas dedikasi, dan keahlian mereka memproduk beragam karya batik berkualitas tinggi.

Selain pemberian penghargaan kepada tokoh Batik Garutan, diberikan pula penghargaan bagi atlet peraih O2SN tingkat Provinsi Jawa Barat dan Nasional, serta penyerahan Surat SK Kenaikan Pangkat di lingkungan Pemkab.

Pembatik Enong (73) penerima penghargaan menyatakan, dirinya aktif membatik sejak usia 30 tahunan, namun sempat berhenti selama satu tahun akibat sakit. Kini, Enong kembali aktif dalam seni membatik.

*********

Abah John.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY