Bupati Garut : Isu ISIS Sengaja Membuat Kegaduhan

0
68 views

Garut News ( Selasa, 21/04 – 2015 ).

Bupati Garut (Foto : John Doddy Hidayat).
Bupati Garut (Foto : John Doddy Hidayat).

Bupati Garut Rudy Gunawan berpendapat, isu ISIS ( the Islamic State of Iraq and Syria) sengaja dibuat untuk membuat kegaduhan, sehingga ditegaskan di wilayahnya tak ada paham ISIS.

Bahkan sangat memungkinkan keberadaan ISIS sengaja dibuat untuk kepentingan penjualan senjata, misalnya, tandasnya, pada seminar Hukum dan Wawasan ke-Islam-an, digelar HMI di Gedung HMI kabupaten setempat.Selasa (21/04-2015).

Juga antara lain ditandakan, paham radikalisme bukan bagian dari Islam. Dia menilai radikalisme sangat berdekatan dengan kerusakan. Sehingga sangat bertentangan dengan ajaran Islam yang merupakan agama kedamaian.

Jadi, apabia dunia menganggap ajaran Islam sebagai agama terorisme, itu hanya sebuah bentuk propaganda untuk menyudutkan Islam, tegasnya lagi.

Menurut Rudy, paham radikalisme bisa jadi muncul akibat kultur masyarakat yang menilai hanya ajaran yang mereka pahami itulah yang benar.

Sehingga ajaran lain dinilai sebagai ajaran yang bertentangan. Kondisi pemahaman seperti itu dapat menimbulkan kedengkian yang berpotensi memunculkan paham radikalisme.

Radikalisme juga bisa muncul akibat kesenjangan ekonomi. Radikalisme pun ada di kelompok-kelompok non-Islam. Namun mereka seolah menutup mata, kata Rudy.

Isu adanya ISIS di Garut sempat muncul pada sejumlah media massa. Sampai-sampai Pansus II DPRD Garut nekat studi banding ke Kabupaten Badung Bali belum lama ini neralasan isu ISIS tersebut.

Ketua Pansus II DPRD Garut Dudeh Ruhiyat katakan, salah satu pertimbangan dilakukan studi banding ke Badung karena di daerah tersebut ada cara dan sistem penanganan bencana, khususnya menyangkut bencana terorisme Bom Bali, katanya.

*******

Noel, Jdh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here