Budiman, Sosok Akademisi Konsisten dengan Komitmennya

“Sangat bersyukur pada Allah SWT, bisa memasuki masa pensiun dengan berkondisi sehat, juga selamat lahir dan bathin. Kini Dosen Fisip UIN Sunan Gunungjati di Bandung”

Garut News ( Jum’at, 27/12 ).

H. Budiman, SE, M.Si, MM (Foto: John).
H. Budiman, SE, M.Si, MM (Foto: John).

H. Budiman, SE, M.Si, MM selama ini dikenal beragam kalangan, sebagai sosok akademisi.

Lantaran hampir seluruh tutur ungkapannya, senantiasa diwarnai beragam kajian bernuansakan ilmiah.

“Dia konsisten dengan komitmen dimilikinya sebagai akademisi mumpuni,” ungkap pelbagai kalangan kepada Garut News.

Meski selama ini pula, lelaki beristrikan seorang guru itu, juga sebagai birokrat di lingkungan Pemkab/Setda Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Beragam jabatan struktural pernah dijalaninya, bahkan di antaranya Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda setempat, serta Plt. Sekretaris Daerah (Sekda).

Foto : John.
Foto : John.

Kemudian sebelum memasuki masa pensiun, Budiman dipercaya menduduki posisi jabatan Kepala “Dinas Perhubungan” (Dishub) Kabupaten Garut.

Dia juga pernah menjadi Ketua Jurusan pada Fakultas Ekonomi “Universitas Garut” (Uniga), serta pernah menangani kajian ekonomi (EcDI).

Di tengah kesibukannya selama ini sebagai birokrat berjabatan struktural, Budiman tetap “concern” menjalankan tugas sebagai dosen mahasiswa Uniga jurusan manajemen.

Malahan kini, sejak beberapa bulan lalu memasuki masa pensiun, ia pun mengajar kapita selekta administrasi negara, dan manajemen pertumbuhan pada “Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri” (Fisip UIN) Sunan Gunungjati, Bandung.

Ini dijalani Budiman pada Jum’at dan Sabtu setiap pekannya.

Sedangkan profesi dosen di Uniga dijalani pada Ahad, dan Selasa setiap pekannya, dengan mengajar manajemen strategi, sistem pengendalian manajemen, serta mengajar ekonomi koperasi.

Kesibukan lain, selaku Ketua PMI Kabupaten Garut, sekarang menyiapkan penyelenggaraan Jumbara II pada 2 – 4 Januari 2014, diikuti sekurangnya 450 an peserta, katanya kepada Garut News, Jum’at (27/12).

Palang Merah Remaja (PMR) Garut, Siapkan Penyelenggaraan Jumbara II. (Foto: John).
Palang Merah Remaja (PMR) Garut, Siapkan Penyelenggaraan Jumbara II. (Foto: John).

Bahkan pesertanya bisa mencapai 1.000 an.

Antara lain disemarakan parade, devile, beragam lomba P3K, kreasi “Palang Merah Remaja” (PMR), lomba kreasi seni seperti Hymne PMI.

Para peserta selama mengikuti beragam kegiatan, berdomisili di rumah-rumah penduduk (home stay), ungkap Budiman.

Dikemukakan pula, sangat bersyukur pada Allah SWT, bisa memasuki masa pensiun dengan berkondisi sehat, juga selamat lahir dan bathin.

****** John.

Related posts