Dr H. Budiman : Pimpin PMI Tak Mudah Banyak Tantangan

0
78 views
Dr H. Budiman.

Garut News ( Selasa, 28/11 – 2017 ).

Dr H. Budiman.

Ketua PMI Kabupaten Garut, Dr H. Budiman, SE, M.Si menyatakan, sekalipun memiliki pengalaman panjang, tetapi ketika memimpin PMI ternyata tidak mudah, dan sangat banyak tantangan.

“Sehingga saya jauh merasa puas, saya melihat masih sangat banyak persoalan-persoalan mendasar bidang kepalangmerahan yang perlu dipecahkan melalui peran PMI sebagai organisasi kemasyarakatan, yang bertugas membantu pemerintah,” ungkapnya kepada Garut News di ruang kerjanya, Selasa (28/11-2017).

Dikemukakan pula, secara keorganisasian PMI Kabupaten Garut dapat dikatakan baru terlihat tanda-tanda soliditas maupun berkondisi normal pada periode 2012, karena sebelumnya masih berpegang pada paradigma lama.

Pada periode itu pula, sejak 2012 PMI baru mulai berbenah diri, dan bekerja berdasar rencana strategis yang disusun bersama, dan hingga saat ini berdasar evaluasi capaian kinerjanya baru sekitar 60 persen dari sasaran kinerja.

“Karena itu, kesinambungan realisasi program perlu dijaga, dan itu membuat saya dengan segalan kerendahan hati mohon diberi kepercayaan untuk menuntaskan program-program kerja¬†yang sampai saat ini masih banyak tersisa, belum tuntas,” imbuh Budiman.

Sedangkan masalah mendasar, di antaranya keterbatasan material maupun aspek anggaran, sarana-prasarana, SDM, tata kelola organisasi maupun managemen, serta kepegawaian.

Namun demikian dibangunnya sarana olahraga di depan Markas PMI, merupakan peluang bagi PMI itu sendiri yang letaknya sangat strategis. Sehingga bakal berupaya menangkap peluang untuk pengembangan PMI.

Selain itu, senantiasa menyelenggarakan konsolidasi organisasi. Lantaran ada beberapa unit kerja, yang harus efisien dan berefektifitas guna membangun semangat karsa, dengan upaya menghilangkan sekat penghalang.

Diagendakan Rabu (29/11-2017) berlangsung Muskab PMI Kabupaten Garut, antara lain dipresentasikan laporan Pertanggungjawaban Pengurus PMI Kabupaten Garut Masa Bakti 2012-2017.

********

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.