BPBD Garut Rekrut Pegawai Negeri Menjadi “TRC-PB”

Garut News ( Sabtu, 29/03 – 2014 ).

Foto : John Doddy Hidayat.
Foto : John Doddy Hidayat.

Upaya meningkatkan kualitas pemahaman, dan kapasitas PNS pada penanganan tanggap darurat bencana di Kabupaten Garut, BPBD setempat rekrut PNS dari setiap SKPD.

Mereka bakal menjadi “Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana” (TRC-PB) di kabupaten itu.

Sekurangnya 50 angggota TRC-PB kalangan PNS, termasuk TNI, dan Polri, diikutsertakan pelatihan TRC-PB di selama empat hari, 25-28 Maret 2014.

“Kita berharap Pelatihan ini, TRC PB memiliki gambaran kebencanaan, dan bagaimana upaya pencegahan apabila terjadi bencana, anggota tim bisa diterjunkan ke lapangan. Sehingga penanganan darurat bencana ditangani cepat, tepat, terpadu dan akuntabel,” kata Kepala Pelaksana BPBD, Dikdik Hendrajaya.

Dikatakan, materi pelatihan di antaranya manajemen penanggulangan bencana, mekanisme korban bencana, strategi penanganan kedaruratan, dan logistik penanggulangan bencana.

Juga, mekanisme penanggulangan darurat bencana infrastruktur jalan, jembatan, dan kerugiannya.

Dikemukakan pula, data kebencanaan masuk BPBD Garut, dan ditanggulangi sejak 13 hingga 28 Maret 2014, terdiri 11 longsor, lima banjir, dan satu kejadian pergeseran tanah.

Terdapat juga empat kebakaran, serta seorang terseret arus sungai.

Terkait keberadaan TRC-PB tersebut, Bupati Rudy Gunawan berharap peserta bisa mengaplikasikan pengetahuan,dan keterampilan hasil pelatihan di lapangan dengan siap, tangguh, dan tanggap menghadapi bencana.

Diharapkan pula, Pelatihan serupa dilakukan aparatur pemerintah tingkat kecamatan, mengikutsertakan aparatur pemerintahan desa, unsur Karang Taruna, Pramuka, dan lainnya.

“Tanggung jawab menyelesaikan satu masalah akibat bencana bukan hanya tanggung jawab pemerintah melainkan seluruh stakeholder, dan masyarakat. Saya berharap nanti TRC-PB senantiasa berkoordinasi dengan BPBD, dan para camat pun melakukan pelatihan sama melibatkan aparatur desa, Karang Taruna, dan Pramuka. Mari kita tularkan pengetahuan saudara-saudara ke setiap desa !” tandas bupati, mengingatkan, saat menutup Pelatihan TRC-PB, Jum’at (28/03-2014).

*****

Noel, JDH.

Related posts

Leave a Comment