BNN Peroleh Penghargaan Organisasi Kepabeanan Dunia/ WCO

by

Jakarta, Garut News ( Rabu, 29/01 – 2014 ).

Pemberian penghargaan.
Pemberian penghargaan.
Sinergitas kerjasama “Badan Narkotika Nasional” (BNN) dengan Dirjen Bea dan Cukai (DJBC) selama ini, ternyata membuahkan hasil positif bahkan mendapatkan pengakuan dunia.

Lantaran berkat kemitraan serius antara BNN dengan Bea dan Cukai pada konteks “Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba” (P4GN), BNN memperoleh penghargaan World Customs Organization” (WCO) Certificate, dari WCO, atawa organisasi kepabeanan dunia.

Kepala BNN Kabupaten Garut, AKBP Widayati, Apresiasi Jalinan Kemiteraan Ditawarkan Kalangan Pecinta Alam. (Foto: John Doddy Hidayat).
Kepala BNN Kabupaten Garut, AKBP Widayati, Apresiasi Jalinan Kemiteraan Ditawarkan Kalangan Pecinta Alam. (Foto: John Doddy Hidayat).
Direktur Interdiksi Deputi Bidang Pemberantasan BNN, Hendra Prasmono mengemukakan penghargaan ini pertama kali diperoleh BNN dari lembaga tertinggi dunia bidang kepabeanan.

“Ini momentum bagus, tentu saja BNN terus meningkatkan komitmen, dan kerja sama kuat bersama Bea dan Cukai menangkal upaya peredaran gelap narkoba,” tandasnya pada jeda seremoni penyerahan penghargaan ini, Selasa (28/01-2014), di Aula Dirjen Bea dan Cukai, Jakarta.

Wakil Menteri Keuangan RI, Anny Ratnawati katakan, penghargaan dilayangkan pada BNN bukan hanya lantaran keberhasilan mengungkap kasus semata, tetapi juga pada aspek lain seperti upaya BNN mendukung capacity building terhadap tim khusus narkotika dimiliki Bea dan Cukai, atawa dikenal “Customs Narcotic Team” (CNT).

“Kerja sama dibangun bukan hanya mengungkap kasus semata, melainkan pula pada peningkatan kemampuan personel tim narkotika Bea dan Cukai,” kata Wamenkeu.

Dikemukakan, penghargaan organisasi kepabeanan dunia ini memang unik, sebab pada penyelenggaraan “Hari Pabean Internasional” (HPI), selalu menghadirkan tema-tema beda setiap tahun.

Pada perayaan ke-62 HPI ini, tema diusung “Communication and Sharing Information For Better Cooperation”.

Sesuai jargonnya, semua pihak terlibat aktif bidang komunikasi, dan informasi kepabeanan juga mendapat penghargaan tinggi dari WCO, seperti petugas penyuluhan, hingga petugas aktif di bidang penulisan kepabeanan.

Puncak HPI digelar tahun ini cukup spesial.

Sebelum dilakukan penyerahan penghargaan, Customs Exercise Team dari Dirjen Bea dan Cukai memersembahkan demonstrasi penangkapan petugas Bea Cukai terhadap para penyelundup narkoba, menampilkan adegan drifting di jalan sempit, hingga kejar-kejaran motor ala free style, sangat memukau, katanya.

Demikian dikemukakan Kepala Bagian Humas dan Dokumentasi BNN, Kombes Sumirat Dwiyanto dari Jakarta kepada Garut News.

***** (bk, jdh).