You are here
BNN : KEJAHATAN GLOBAL NARKOBA SANGAT BAHAYAKAN MANUSIA POLKAM 

BNN : KEJAHATAN GLOBAL NARKOBA SANGAT BAHAYAKAN MANUSIA

JAKARTA, GARUT NEWS ( KAMIS, 05/12 ).

ILUSTRASI. ( FOTO REPRO ; JOHN).
ILUSTRASI. ( FOTO REPRO ; JOHN).

KEPALA BNN, ANANG ISKANDAR MENGINGATKAN KEJAHATAN NARKOBA SECARA GLOBAL DEWASA INI BERKATEGORI KEJAHATAN SANGAT MEMBAHAYAKAN BAGI KELANGSUNGAN HIDUP MANUSIA.

INI BISA KITA LIHAT TERJADINYA PENINGKATAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA DARI TAHUN KE TAHUN.

JUGA CATATAN UNODC PADA WORLD DRUG REPORT 2012, TERDAPAT 251 JENIS BARU NARKOTIKA (NEW PSICHOACTIVE SUBSTANCE) TERSEBAR DI PELBAGAI NEGARA DI DUNIA DEWASA INI.

DEMIKIAN DIKEMUKAKAN DALAM SEMINAR “HASIL SURVEI PENYALAHGUNAAN DAN PEREDARAN GELAP NARKOBA PADA SEKTOR TRANSPORTASI DI INDONESIA TAHUN 2013”, KAMIS (05/12).

DI INDONESIA PUN, KINI BEREDAR 23 ZAT PSIKOAKTIF BARU, BERUPA : SYNTHETIC CANNABINOIDS DUA JENIS, SYNTHETIC CATHINONES ENAM JENIS, PHENETYLAMINES LIMA JENIS, PLANT-BASED SUBSTANCES DUA JENIS, KETAMIN DAN MISCELLANEOUS, UNGKAP ANANG ISKANDAR.

MUNCULNYA JENIS BARU PSICHOAKTIF ITU, ANCAMAN SERIUS BAGI PEMERINTAH INDONESIA, LANTARAN SECARA TERSURAT BELUM DIATUR DI DALAM PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN SEBAGAI BAHAN TERLARANG DIPERGUNAKAN MASYARAKAT, NAMUN SAAT INI MASIH DALAM PROSES LEGISLASI.

SEDANGKAN MENURUT HASIL SURVEI NASIONAL DILAKUKAN BNN BEKERJASAMA PUSLITKES UI TENTANG SURVEI NASIONAL PENYALAH GUNA NARKOBA DI KALANGAN PELAJAR, DAN MAHASISWA TAHUN 2011 DIDAPATKAN DATA, ESTIMASI PENYALAHGUNA NARKOBA DI INDONESIA BERKISAR 3,7 JUTA HINGGA 4,7 JUTA ORANG ATAWA BERPREVALENSI 2,2% DARI PENDUDUK INDONESIA USIA 10 – 59 TAHUN MENYALAHGUNAKAN NARKOBA PADA KURUN WAKTU SETAHUN TERAKHIR.

DIKEMUKAKAN, DATA FAKTUAL DIHIMPUN BNN BERSAMA POLRI, BEA CUKAI, DAN IMIGRASI 2012, TERDAPAT 28.727 KASUS DISIDIK DAN DIPROSES HUKUM.

DENGAN JUMLAH TERSANGKA 35.640 ORANG.

BAHKAN DIPREDIKSI PARA PEMBUAT, PENANAM, DAN PENGEDAR NARKOBA MASIH JAUH LEBIH BANYAK DARIPADA JUMLAH TERTANGKAP APARAT PENEGAK HUKUM.

KARENA ITU, PENANGGULANGAN BAHAYA NARKOBA KUDU DITANGANI KOMPHERENSIVE INTEGRAL, DAN SINERGIS.

PEMERINTAH, MERUMUSKAN KEBIJAKAN STRATEGIS NASIONAL BIDANG “PENCEGAHAN DAN PEMBERANTASAN PENYALAHGUNAAN DAN PEREDARAN GELAP NARKOBA” (P4GN) 2011.

IMPLEMENTASINYA PRESIDEN RI MENERBITKAN INSTRUKSI PRESIDEN NOMOR 12/2011, MENGINSTRUKSIKAN PADA PARA MENTERI, PANGLIMA TNI, KAPOLRI, PARA GUBERNUR, BUPATI, DAN WALIKOTA MERUMUSKAN ACTION PLAN, DAN MELAKSANAKAN SECARA KONSEKWEN.

PEMERINTAH, JUGA MENGAKOMODIR KEINGINAN SEBAGIAN BESAR MASYARAKAT INDONESIA TENTANG DEKRIMINALISASI PARA KORBAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA.

DENGAN MENERBITKAN PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 25/2011 TENTANG WAJIB LAPOR PECANDU NARKOBA, MESKI BELUM BERJALAN MAKSIMAL LANTARAN DIBUTUHKAN PERUBAHAN PARAGIDMA, PENYALAH GUNA NARKOBA KUDU DIREHABILITASI.

SEMINAR INI MEMILIKI ARTI SANGAT PENTING BAGI KITA, LANTARAN SECARA LANGSUNG MEMILIKI KAITAN DENGAN MASALAH PENANGGULANGAN BAHAYA NARKOBA DI NEGARA, APAKAH SEBAGAI APARATUR PEMERINTAH, LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT ATAUKAH DARI ORGANISASI INTERNASIONAL (UNODC).

“KITA CERMATI HASIL SURVEI NASIONAL PADA SEKTOR TRANSPORTASI 2013 DILAKSANAKAN BNN BEKERJASAMA PUSLITKES UI SEBELUM DIPUBLIKASIKAN. SAYA MENGHARAPKAN AGAR PARA PESERTA SEMINAR MENJADIKAN HASIL SURVEI NASIONAL INI MENJADI REFERENSI DI DALAM MERUMUS-KAN RENCANA KERJA MENANGGULANGI BAHAYA NARKOBA MAUPUN DIDALAM MEMBERIKAN SOSIALISASI ATAWA PENCERAHAN TENTANG BAHAYA NARKOBA PADA 2014 MENDATANG,” TANDAS ANANG ISKANDAR.

DEMIKIAN DILAPORKAN KEPALA BAGIAN HUMAS DAN DOKUMENTASI BNN, KOMBES SUMIRAT DWIYANTO DARI JAKARTA KEPADA GARUT NEWS, KAMIS (05/12).

***** JOHN.

Related posts

Leave a Comment