Bina Program PUPR Garut : Dirgahayu ke-75 Republik Indonesia

0
15 views
Gun Gun Sukma Utama, ST
Perlancar Mobilitas Pemasaran Hasil Pertanian dari Pelosok Pedesaan.

“Pembangunan poros desa/kecamatan Akses Pengembangan Wilayah/Pertumbuhan Ekonomi”

Kepala Bidang Bina Program pada Dinas ‘Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang’ (PUPR) Kabupaten Garut, Gun Gun Sukma Utama, ST Bersama Seluruh Jajaran Keluarga Besar Bidang Bina Program.

Mengucapkan :

Dirgahayu ke-75 Proklamasi Kemerdekaan RI

(17 Agustus 1945 – 17 Agustus 2020 ).

Mengucapkan Pula Selamat Memasuki Tahun Baru 1442 Hijriyah, Semoga Semakin Mewujudkan Beragam Keberhasilan Meraih Harapan Masa Depan Berkemajuan. 

“Juga Dengan Bekerja Bersungguh-sungguh dan BERTANGGUNGJAWAB Siap Menjadikan Kabupaten Garut Bertaqwa, Maju, dan Sejahtera”

Selamat Datang Tahun Baru 1442 Hijriyah.

‘Maksimal Memanfaatkan Rp399 Miliar’

Kondisi terakhir alokasi APBD Kabupaten Garut pada Dinas PUPR setelah mengalami delapan kali perubahan, sejak disahkan penetapannya pada 3 Januari 2020.

Semula pagu awalnya terdiri DAU dan DAK bernilai Rp439 miliar lebih, kemudian ada perubahan Banprov Rp312 miliar sehingga menjadi Rp751 miliar per Februari 2020.

Namun setelah itu, ada pergeseran DAK Rp15 miliar dari PUPR ke BPKPD dilanjutkan efisiensi DAK sekitar Rp45 miliar, bulan berikutnya juga terdampak efisiensi dari Banprov Rp312 miliar dikurangi Rp156 miliar menjadi Rp156 miliar.

Bersama Menuai Harapan Baru.

Selanjutnya berturut-turut antara lain kena pangkas DAU Rp200 miliar, pada parsial VII jumlah anggaran Dinas PUPR dari tiga sumber dana Rp391 miliar, bulan lalu ada penambahan masuk dari DAK cadangan sehingga sampai sekarang Rp399 miliar.

Maka terdapat pengurangan pagu anggaran sekitar Rp352 miliar sangat signifikan, berpengaruh terhadap program kegiatan yang direncanakan, seperti halnya penataan Sarana Olahraga (SOR) Ciateul berupa pembangunan acuatik, dan lapangan sepakbola.

Demikian pula pada Jalan Baru Kadungora-Leles, Jalan Lingkar Cipanas, Jalan Cibudug-Cipicung, Jalan Mekar Bhakti-Bungbulang, serta Pembangunan Jembatan Cimanuk-Copong.

Padahal merupakan potensi strategis dalam pertumbuhan perekonomian, namun terpaksa pelaksanaannya ada yang dibatalkan tahun ini.

Termasuk pada peningkatan jalan, rehab jalan juga pembebasan tanah, yang kini kembali dijadwal ulang untuk tahun depan, telah dimasukan pada rancangan KUA PPAS Dinas PUPR tahun anggaran 2020-2021 guna dibahas DPRD kabupaten setempat.

Gun Gun Sukma Utama katakan, meski demikian tetap maksimal memanfaatkan Rp399 miliar dengan mengutamakan pembangunan infrastruktur dasar, kemudian infrastruktur ekonomi, dan infrastruktur bernilai komersial.

Di antaranya pada lintasan sejauh 7,5 kilometer dan lebar menjadi tujuh meter dari semula lima meter antara Cibudug-Cipicung di Kecamatan Banyuresmi guna menunjang pengembangan potensi wisata Situ Bagendit berkontruksi hotmix.

Kemudian di Leuwi Tonjong, Curug Cibadag Cihurip, dan Sangiang Taraje, bahkan termasuk digunakan pembangunan poros desa/kecamatan sebagai akses pengembangan wilayah, dan pertumbuhan ekonomi, ungkap Gun Gun Sukma Utama.

Dikemukakan, pembangunan urat nadi akses vital berlangsung pula di wilayah Kecamatan Cisompet, Peundeuy, Cihurip, Mekarmukti, Pakenjeng, Pamulihan, Bungbulang, dan di wilayah Kecamatan Cisewu.

*****

JDH.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here