Bidang Keswan Kesmavet Garut Tingkatkan Sarana Prasarana

0
195 views

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat

Garut News ( Selasa, 05/01 – 2016 ).

RM Iman Budiman.
RM Iman Budiman.

Kabid “Kesehatan Hewan dan Kesehatan Manusia Veteriner” (Keswan dan Kesmavet) Disnakanla Kabupaten Garut, R.M Iman Budiman katakan, pada 2016 ini setiap seluruh jajarannya berupaya maksimal meningkatkan kualitas ragam sarana-prasarana.

Di antaranya pada empat “Pusat Kesehatan Hewan” (Puskeswan) yang terdapat di wilayahnya, selain itu diagendakan dibangunnya “Rumah Potong Hewan” (RPH) di Cikole wilayah Kecamatan Wanaraja, serta lebih eksis meningkatkan jasa layanan publik.

Berupa jasa layanan kesehatan hewan, sebagai upaya pencegahan penyakit hewan menular pada manusia, maupun sebaliknya atawa “zoonosis”, katanya kepada Garut News di ruang kerjanya, Selasa (05/01-2016).

Sedangkan jasa layanan kesehatan masyarakat veteriner, berupa kegiatan pengujian “produksi asal hewan” (PAH), terdiri makanan dan minuman (susu).

Bahkan di kabupaten setempat, juga terbentuk “Komisi Pengendalian Zonoosis Daerah” (KPZD). Menyusul pada 2015 kegiatan vaksinasi terhadap hewan mencapai 70 persen, atau meningkatkan sangat signifikan dibandingkan pada sepanjang 2014 capai 14 persen.

Dikemukakan Iman Budiman, usulan rencana anggaran kegiatan 2016 bersumber APBD kabupaten setempat bernilai Rp170 juta, sedangkan bersumber APBN mencapai Rp1 miliar.

Sedangkan alokasi pembiayaan pembangunan RPH berstandar Wanaraja tersebut, sekitar Rp450 juta dibangun di atas tanah seluas sekitar 10 ribu m2, ungkapnya.

*******

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here