Bidang Bina Program PUPR : Marhaban ya Ramadlan

0
23 views
Gun Gun Sukma Utama, ST
Gun Gun Sukma Utama, ST

Kepala Bidang Bina Program pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Garut, Gun Gun Sukma Utama, ST Beserta Keluarga Juga Seluruh Jajaran Bidang Bina Program.

Mengucapkan ; Marhaban Ya Ramadlan, dengan suasana hati yang penuh harap dan bahagia. Tamu agung ini kita sambut dengan kegembiraan dan lapang dada.

Rasulullah SAW mengajarkan doa dan berdoa, “Ya Allah, antarkan diriku kepada Ramadlan dan antarkan Ramadlan kepada diriku serta terimalah (amalan-amalan) Ramadlan dariku.” (HR Abu Dawud).

Lantaran, gersang bumi tanpa diguyur hujan.. Gersang akal tanpa ilmu, gersang hati tanpa iman, serta gersang jiwa tanpa amal.. Marhaban ya Ramadhan… selamat menunaikan ibadah shaum, mohon maaf lahir dan bathin.

Semoga Ibadah Shaum Ramadlan 1440 H/2019, Kita Bisa Mendapatkan Nilai Ibadah Sangat Tinggi serta Marghfiroh Allah SWT, Amien ya Rabbal Alamien.

*******

Pada 2019 Dinas PUPR Kab. Garut melalui Bidang Bina Program menyelenggarakan  Program Pembinaan Pengembangan dan Pengawasan Jasa Konstruksidengan melakukan Kegiatan untuk mencapai terlaksananya pembinaan, pengembangan dan pengawasan terhadap jasa konstruksi untuk menunjang kegiatan pada bidang jalan, jembatan, irigasi, bangunan dan infrastruktur permukiman.

Kegiatan ini berupa Penyelenggaraan Pelatihan dan Bimbingan Teknis, Penyediaan Data dan Pengolahan Data melalui Program Aplikasi.

Selain itu Bina Program melalui Seksi Pengolahan Program dalam setiap tahunnya menyusun Rencana Kerja Dinas dituangkan dalam RENSTRA Dinas yang menjadi pedoman dalam pelaksanaan kegiatan pengelolaan Infrastruktur daerah.

Berikut komponen data yang diperlukan dalam proses pengolahan perencanaan program (Sumber : Data Hasil Analisis Proyek Perubahan, 2019).

Kesiapan Data Dalam Perencanaan Program berupa Data Manager (Pengelolaan Data) terdiri, Data Usulan Program/ Kegiatan, Data Teknis Program/Kegiatan, serta Data Harga Satuan.

Data Usulan Program/ Kegiatan meliputi, Pendekatan Atas – Bawah, Musrenbang Desa, Musrenbang Kecamatan, Musrenbang Kabupaten, RPTK, Teknokratik, Politis, dan Aspirasi.

Data Teknis Program/Kegiatan meliputi pula, Tersediannya Volume dan Jenis Pekerjaan, Study Pendahuluan, Analisis Dampak Lingkungan, Detail Engineering Desain, serta Survey Team Teknis.

Data Harga Satuan meliputi Tersedianya Harga Satuan Pekerjaan, Harga Dasar Bahan,  Harga Dasar Upah, Harga Dasar Alat, dan Analisa Harga Satuan.

Berikut beberapa Permasalahan umum dalam pengelolaan Infrastruktur di Kabupaten Garut:

  1. Rendahnya mutu / kualitas Infrastruktur
  2. Rendahnya keterlibatan masyarakat dalam menjaga dan mengamankan Infrastruktur
  3. Lemahnya Pengawasan dan penegakan hukum
  4. Tekanan penduduk sehingga terjadi defisit lahan Infrastruktur
  5. Kurangnya Sarana prasarana operasional pembangunan Infrastruktur
  6. Kualitas dan kuantitas SDM yang kurang memadai

Permasalahan yang akan diselesaikan dalam proyek perubahan ini tidak dapat dilakukan seluruhnya dikarenakan adanya keterbatasan waktu, sehingga dalam menetapkan urutan prioritas masalah digunakan Metode USG (Urgency, Seriousness, Growth) yaitu dengan metode teknik scoring berskala 1 hingga 5 untuk setiap unsur.

*********

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here