You are here
BERZAKAT, INFAQ, SEDEKAH WARNAI RAMADLAN PENUH MAKNA Uncategorized 

BERZAKAT, INFAQ, SEDEKAH WARNAI RAMADLAN PENUH MAKNA

“Bersama Lima Program Unggulan”

Kantor Baznas Kabupaten Garut di Komplek Islamic Center kabupaten setempat.
Kantor Baznas Kabupaten Garut di Komplek Islamic Center kabupaten setempat.

Bersama Lima Program Unggulan Baznas Kabupaten Garut, Berupa ;Ketua “Badan Amil Zakat Nasional” (BAZNAS) Kabupaten Garut, Rd. Aas Kosasih, S.Ag., M.Si Bersama Seluruh Pengurus Beserta Jajaran Keluarga Besar Baznas kabupaten setempat Mengucapkan ; Marhaban Ya Ramadlan, “Selamat Menunaikan Ibadah Saum Ramadlan 1438 H/2017, Mohon Maaf Lahir dan Bathin”.

Pertama, Garut Cerdas. Dengan berorientasi kepada anak sekolah atau santri salafiah yang dhuafa maupun tak memiliki kemampuan sosial ekonomi, Baznas Kabupaten Garut berkeinginan memberikan bea siswa guna menunjang pendidikan mereka sejak “Sekolah Dasar” (SD) hingga “Perguruan Tinggi” (PT).

Ketua Baznas Kabupaten Garut Rd. Aas Kosasih, S.Ag., M.Si.
Ketua Baznas Kabupaten Garut Rd. Aas Kosasih, S.Ag., M.Si.

Kedua, Garut Sehat. Membantu masyarakat tak mampu maupun fakir miskin dalam hal – biaya transfortasi ke rumah sakit, kemudian membantu pemberian jatah hidup atau pemenuhan kebutuhan akomodasi selama menunggu pasien rawat inap di rumah sakit.

Ketiga, Garut Taqwa. Berupa pemberian bantuan – sarana peribadatan di masjid dan mushola, termasuk perangkat pengeras suara, kipas angin, juga karpet, selain itu memberikan bantuan penyelenggaraan kegiatan pendidikan, dan pelatihan tentang pencegahan penyalahgunaan narkoba, pencegahan perilaku radikalisme, dan lainnya.

Keempat, Program Garut Peduli. Berupa upaya membantu bedah rumah masyarakat miskin yang tak layak huni, kemudian menyantuni korban musibah kebakaran, korban terdampak bencana alam, dan lainnya.

Sebagian Jajaran Keluarga Besar Baznas Kabupatern Garut.
Sebagian Jajaran Keluarga Besar Baznas Kabupatern Garut.

Kelima, Garut Makmur. Diperuntukan dari “Zakat Community Depelopment” (ZCD), yang diprioritaskan kepada masyarakat tidak mampu berpotensi berwirausaha, tetapi tak memiliki modal, maka Baznas Kabupaten Garut bisa memberikan bantuan modal usaha bagi para pedagang kaki lima, serta pedagang dengan sarana gerobak dorong.

Kelima program mulia tersebut , dipastikan bisa maksimal terealisasikan apabila tingkat maupun intensitas pengumpulan “Zakat, Infaq, Sedekah” (ZIS) di kabupaten ini optimal.

Sehingga pada momentum pelaksanaan ibadah saum Ramadlan, Sehingga oleh Ketua Baznas Kabupaten Garut beserta seluruh jajarannya dijadikan bulan yang penuh “Barokah” dengan menunaikan pembayaran ZIS, agar kelima program itu pun memberi banyak manfaat sejalan program Pemkab setempat, yaitu Percepatan Penanggulangan Kemiskinan di Kabupaten Garut.

Sebagian Jajaran Pengurus Baznas Kabupaten Garut.
Sebagian Jajaran Pengurus Baznas Kabupaten Garut.

Karena itu, Baznas Kabupaten Garut juga menggelindingkan penyelenggaraan program lainnya ;

Pertama, Zakar Profesi. Berupa pemberian surat kuasa pemotongan gaji hingga tingkat kecamatan (gaji guru aparat sipil negara mulai SD, SMP, dan SMA/SMK/MA) serta aparat sipil negara di kecamatan. Sehingga bisa terlihat berapa presentasi kesadaran menunaikan pembayaran zakat melalui Baznas.

Kedua, program pelatihan keimanan menunaikan rukun Islam ketiga maupun zakat melalui kupon Infaq Kabupaten Garut, yang sekaligus disertakan pembayaran pada saat membayar Zakat Fitrah, yang setiap kuponnya bernilai Rp2.500, namun bisa membayar Infak melebih nilai Rp2.500 setiap individu.

Ketiga, segera membuka gerai di komplek gedung pendopo kabupaten dipimpin langsung oleh Bupati, Wakil Bupati, serta Sekda sebagai wahana penerimaan ZIS, seperti halnya kegiatan serupa di Istana Presiden RI. Sebagai sarana penerimaan ZIS dari para Muzaki.

Keempat, Baznas Kabupaten Garut juga sangat mengapresiasi positip atas kehadiran relawan mahasiswa S1 dan S2 dari UNIGA, mereka bakal membantu Baznas menyosialisasikan manfaat berzakat sekaligus menggelar meja, yang sementara diagendakan pada titik lokasi.

Selamat Datang Saum Ramadlan, Dengan Seribu Bulan.
Selamat Datang Saum Ramadlan, Dengan Malam Seribu Bulan.

Masing-masing di Mal Ramayana, Toserba Djogja, serta Toserba Asia, dengan harapan pula masyarakat bisa memahami eksistensi Baznas, dan manfaat berzakat, infaq, sedekah.

Kelima, Baznas Kabupaten Garut pun menjalin kerjasama yang baik dan sehat, dengan program edukasi radio penyiaran swasta dan pemerintah di Garut, yang dikemas pada dialog interaktif tentang zakat, berupa Zakat Fitrah, Zakat Maal, serta pemanfaatannya untuk membantu masyarakat berkondisi sosial ekonomi lemah.

 

Jika semua harta adalah racun, maka zakatlah penawarnya.

Jika seluruh umur adalah dosa, maka tobatlah obatnya.
Jika seluruh bulan adalah noda, maka Ramadlan lah pemutihnya

Fajar ramadlan segera menghampiri dunia, selembar sutra menghapus noda, sebening embun penyejuk kalbu, sucikan hati bersihkan jiwa di bulan yang suci. selamat menunaikan ibadah saum 1438 H semoga amal kita diterima Alllah SWT. Amiiin …

Puasa mengambil jarak dengan dunia
agar manusia tidak jadi budaknya
karena dunia adalah permainan
bermegah-megah dengan bangunan
berbangga-bangga dengan kekayaan
semua itu dapat melalaikan.
Padahal manusia hanyalah pengembara
saat mati hartanya tak akan dibawa
hanya amal-saleh yang ikut serta
Yang ada disisi manusia akan sirna
Yang ada di sisi Allah abadi selamanya

Matahari berdzikir,
angin bertasbih dan pepohonan memuji keagungan-Mu.
Semua menyambut datangnya malam Seribu Bulan.
Selamat datang Ramadlan, Selamat beribadah saum.
Mohon Maaf Lahir dan Batin.

*******

Related posts

Leave a Comment