Berlian Bernilai Rp2 Miliar Raib Dibawa “Mio”

by

Garut News ( Rabu, 25/12 ).

Ilustrasi. (Foto : John).
Ilustrasi. (Foto : John).

Lima pengusaha perhiasan asal Kalimantan Barat kini gigit jari, lantaran batu berlian bernilai Rp2 miliar dibawanya raib dicuri kelompok penipu di Garut.

Informasi dihimpun menunjukkan, kelima pengusaha tersebut berdatangan guna menjual berlian.

Sebelumnya mereka berjanji bertemu pada sebuah rumah kontrakan di kawasan Jalan Pembangunan Nomor 46 Kelurahan Jayawaras Kecamatan Tarogong Kidul Garut, Senin (23/12) siang.

Aksi penipuan pun berlangsung singkat.

Hanya sekitar dua menit, berlian dibawa dari Kalimantan Barat ini, berpindah tangan kemudian dibawa kabur penipu mengaku pasangan suami istri asal Jambi.

Satu dari lima pengusaha, Ramdhani(31) katakan, bermaksud menjual berlian pada seseorang mengaku Salim(52) asal Jambi mengontrak rumah milik Komar di Jalan Pembangunan 46 Garut.

Ramdhani dipertemukan dengan Salim oleh Nur Rahmat(37) asal Cibuntu Bandung Kulon.

“Kami berlima datang ke Bandung langsung menemui Mas Rahmat. Kemudian ke Garut diantar dia, sebab Mas Rahmat menjadi perantara,” ungkap Ramdhani.

Tiba di kontrakan Salim, Ramdhani bersama keempat rekan, dan Nur Rahmat masuk ke salah satu ruangan.

Begitu berada di ruangan, Ramdhani dan rombongan langsung memerkenalkan diri, selanjutnya menyerahkan berlian hendak dijual pada Salim.

Salim pun langsung beranjak meninggalkan ruangan beralasan hendak memerlihatkan dahuulu berlian tersebut, pada istrinya berada di luar ruangan.

“Kami berada di dalam ruangan tak lebih dari dua menit. Namun kaget, begitu dia (Salim) keluar, pintu langsung ditutup, dan dikunci dari luar. Kami berlima, termasuk Mas Nur terkurung. Kami langsung mendobrak pintunya. Ternyata pelaku sudah kabur dengan sepeda motor Mio hitam,” kata Ramdhani.

Merasa tertipu, Ramdhani melapor ke polsek setempat.

Kapolsek Tarogong, Kompol Tini Rostini mengakui kejadian itu, kasusnya kini dalam penyelidikan pihaknya.

***** Zainul, JDH.