Garut : Berburu Oleh Oleh Khas

0
23 views
Garut
Garut

Berburu Oleh-Oleh Khas Garut

Garut
Garut

Garut News – Siapa yang tidak kenal dengan kabupaten Garut. Salah satu kabupaten yang ada di provinsi Jawa Barat ini memang memiliki berbagai macam objek wisata menarik yang patut untuk Anda kunjungi, namun selain menyuguhkan aneka objek wisata menarik, kawasan yang satu ini memiliki berbagai macam oleh-oleh menarik yang tidak boleh dilewatkan, apabila Anda mengunjungi kabupaten tersebut. Berikut ini adalah beberapa oleh-oleh khas Garut yang dapat Anda pilih, antara lain :

1. Dodol Picnic

Siapa yang tidak kenal dengan oleh-oleh yang satu ini. Kuliner yang satu ini memang sudah cukup melegenda di tanah Garut. Rasanya kurang afdol jika mengunjungi Garut tidak membawa oleh-oleh dodol Picnic. Dodol Picnic ini sendiri sudah berdiri sejak tahun 1949, hingga kini konsistensi, serta kualitas rasanya masih tetap terjaga. Kini dodol khas tersebut sudah memiliki berbaga macam varian rasa, ada yang rasa original, cokelat, susu, durian, wijen dan beberapa varian rasa lainnya.Dodol Picnic

Sebenarnya di Garut ada berbagai macam jenis dodol, Anda dapat menemukan aneka camilan ini dengan mudah di pasar atau di pusat oleh-oleh khas Garut, namun memang yang paling terkenal adalah dodol Picnic tersebut.

2. Jeruk Garut

Seperti namanya jeruk garut. Jeruk yang satu ini memang menjadi salah satu khas Garut. Dilihat selintas, jeruk yang satu ini sama dengan jeruk ada umumnya. Namun jeruk khas dari kabupaten ini memiliki ciri khusus yang sedikit berbeda dengan jeruk khas daerah lainnya, antara lain, bentuknya yang berwarna kuning, rasanya yang manis asam, serta bentuknya yang tidak terlalu besar.

Garut

Untuk menemukan oleh-oleh khas yang satu ini tidak terlalu sulit. Karena di gGrut sendiri, jeruk seperti banyak dijajakan di mobil pickup atau di pasar tradisional. Harga yang ditawarkan cukup beragam, biasanya sekitar Rp 10.000 hingga 11.000 per kilonya.

3. Chocodot

Kuliner yang satu ini memang terbilang baru, namun karena unik, maka oleh-oleh ini menjadi salah satu primadona yang patut Anda coba. Chocodot sendiri sebenarnya adalah gabungan dari 2 buah camilan antara lain, coklat dan dodol. Disini Anda akan merasakan sensasi mengkonsumsi coklat yang didalamnya dodol. Ada beberapa varian rasa yang dapat Anda pilih Chocodot ini, antara lain rasa strawberry, jeruk, melon, sirsak, durian, dan juga nangka.

Garut

Belakangan ini popularitas Chocodot semakin meningkat, bahkan berhasil meraih beberapa penghargaan, atas improvisasinya membuat kuliner baru dengan mengkolaborasikan antara coklat dan dodol.

4. Burayot

Namanya memang terdengar unik, dan juga lucu. Sebenarnya nama kuliner yang satu ini diambil dari bahasa Sunda yang jika diartikan menjadi « menggelayut ». Disebut demikian, karena bentuk camilan yang satu ini seperi sedang menggelayut. Camilan yang satu ini rasanya manis, karena perpaduan antara gula merah, tepung beras, garam dan bahan lainnya. Tekstur dari penganan yang satu ini cenderung renyah, dan juga lembut. Pas jika dikonsumsi bersama teh hangat pahit. Untuk memperoleh penganan yang satu ini cukup mudah, Anda akan menemukan kuliner yang satu ini di pasar tradisional atau di pusat oleh-oleh khas Garut.

Garut

5. Dorokdok dan kerupuk kulit

Untuk Anda yang tidak suka caminal manis, tidak ada salahnya membeli kuliner atau oleh-oleh khas Garut yang rasanya asin. Ada 2 jenis kuliner asin yang patut untuk Anda cicipi dan bawa pulang, yaitu Dorokdok dan kerupuk kulit. Dorokdok sendiri terbuat dari kulit sapi, sedangkan kerupuk kulit terbuat dari kulit kerbau. Cara membedakan kedua jenis kerupuk ini tidak terlalu sulit, dilihat dari segi penampilan, dorokdok lebih keras, dibandingkan kerupuk kulit. Camilan yang satu ini paling pas jika dikonsumsi bersama bakso atau mie ayam.

Garut

 

6. Emplod atau Endog Lewo

Camilan ini masih termasuk salah satu khas Garut. Endog Lewo yang jika diterjemahkan artinya telur yang berasal dari kampung Lewo. Camilan yang satu ini bentuknya bulat, bahan yang digunakan sangat sederhana, yaitu, singkong yang digiling lalu diperas, dan didiamkan selama 24 jam. Kemudan dicampur dengan parutan kelapa, dan juga bumbu lainnya, dibetuk bulat-bulat seperti kelereng, untuk selanjutnya digoreng dan dihidangkan. Dilihat dari bahan serta teknik pembuatannya camilan yang satu ini mirip dengan penganan combro, namun tanpa isi, dan digoreng garing. Camilan ini sendiri berasal dari daerah Malangbong.

Garut

7. Opak

Opak adalah salah satu penganan khas Sunda, penganan yang satu ini terbuat dari tepung beras, yang dicampur dengan aneka bumbu, diaduk sedemikian rupa menggunakan air hingga bentuknya sedikit lembut, kemudian dibentuk bulat pipih, dijemur hingga benar-benar kering hingga akhirnya dibakar di atas perapian. Ada berbagai jenis opak yang ada di kabupaten Garut ini, namun yang paling terkenal adalah opak khas Bungbulang yang berasal dari Garut Selatan.Garut

8. Ladu

Ladu adalah salah satu penganan khas Garut lainnya yang rasanya manis, bentuknya mirip dengan dodol, namun teksturnya kasar dan tidak terlalu kenyal seperti dodol. Penganan ini terbuat dari tepung ketan putih, yang dicampur dengan kelapa parut dan gula aren. Jika dikonsumsi, Anda akan merasakan teksturnya yang sedikit kasar, namun lembut. Camilan ini sendiri berasal dari daerah Malangbong, walaupun demikian, penganan yang satu ini mudah Anda temukan di pusat oleh-oleh khas garut.Garut

9. Rangginang

Rangginang adalah salah astu camilan khas garut lainnya yang rasanya asin. Penganan yang satu ini terbuat dari nasi. Nasi atau berasal ketan ini akan dikukus kemudian diberi bumbu, terakhir dibentuk bulat, dan dijemur hingga beberapa hari. Setelah dirasa benar-benar kering, rangginang akan digoreng hingga matang. Rasanya yang kriuk-kriuk tentunya pas jika dikonsumsi sebagai camilan. Saat ini rangginanag memiliki berbagai varian rasa, ada yang rasa original ada juga yang rasa udang, warna rangginang juga cukup beragam, tergantung bahan yang digunakan.Garut

10. Jaket kulit

Oleh-oleh yang satu ini bukan penganan, namun oleh-oleh yang satu ini, adalah salah satu jenis oleh-oleh yang patut Anda beli. Garut terkenal akan kerajinan kulit, mulai dari jaket, dompet, tas pinggang, sabuk, dll. Jaket kulit yang ada di kabupaten Garut ini cukup beragam desainnya, Anda dapat memilih salah satu yang dinilai paling pas. Untuk masalah harga, harga yang ditawarkan untuk jaket ini cukup bervariasi, ada yang harganya Rp 500.000 hingga lebih, hal ini tergantung dari bahan serta teknik kesulitan dari pembuatan bahan tersebut.

Garut

11. Batik Garut

Jenis oleh-oleh lainnya yang dapat Anda beli di Garut adalah batik Garut. Corak batik khas Garut ini berbeda dengan corak batik dari daerah lainnya. Batik khas Garut ini memiliki corak yang cukup unik, antara lain Rereng Peteuy, Rereng Merak, Rereng kembang Corong, Ngibing Rereng Pacul, dll. Warna batik khas Garut ini cerah, dan untuk masalah harga yang ditawarkan tentu saja bervariasi, tergantung teknik pembuatan serta jenis bahan yang Anda beli.

Artikel Lainya :
Wisata Garut
Cipanas Garut
Gunung Guntur
Jaket Kulit Garut