Beragam Kuliner Garut Tunjang Perkembangan Industri Pariwisata

Garut News ( Selasa, 09/09 – 2014 ).

Soto Abah Uho Juhro.
Soto Abah Uho Juhro.

Beragam jenis kuliner bernuansakan makanan etnik Garut, Jawa Barat, selama ini dinilai banyak kalangan sangat menunjang perkembangan peningkatan industri pariwisata di kabupaten tersebut.

Fenomena menarik ini, juga dikemukakan Kepala “Dinas Kebudayaan dan Pariwisata” (Disbudpar) kabupaten setempat, Mlenik Maumeriadi kepada Garut News, Selasa (09/09-2014).

Salah satu kuliner unggulan di Kabupaten Garut itu, yakni “Soto Abah Uho Juhro”.

juhro2Resep soto dari mendiang Abah Uho Juhro tersebut, selama ini pula dikembangkan saudara sepupunya Bapak Ahri, sehingga jenis kuliner ini dikenal dengan dengan nama “Soto Abah Ahri”.

Kemudian di kawasan berdekatan Bundaran Tarogong Garut, sejak setahun lalu juga terdapat anjungan Soto Abah Uho Juhro, dikembangkan usaha ini oleh cucu almarhum Abah Uho Juhro.

Nikmat dan segarnya mengonsumsi jenis kuliner ini, bisa dinikmati setiap hari lantaran buka sejak pagi hingga pukul 20.00 WIB.

Selain soto, Garut juga antara lain memiliki jenis kuliner Awug Panawuan.

Disusul terdapat pula surabi di antaranya kerap dijajakan sederhana di Jalan Ciledug, serta pada lokasi perempatan Jalan Papandayan.

Soto Abah Uho Juh.ro
Soto Abah Uho Juhro

Karena itu, Kabupaten Garut, Jawa Barat, tak hanya terkenal dengan komoditi Jeruk Garut, serta Dodol Garut.

Terdapat juga plamanuftah, Domba Garut (Aries Ovis), jenis satwa yang hanya terdapat di kabupaten ini, berciri khas seperti halnya Bison di USA.

 

 

Esay/Foto :

John Doddy Hidayat.

Related posts

Leave a Comment