Benteng Makam Jayawaras Garut Ambruk Mendesak Direhabilitasi

0
139 views
Benteng Makam Ambruk.

“Tulang Belulang Terancam Berserakan Tergerus Longsor Susulan”

Garut News ( Jum’at, 23/02 – 2018 ).

Benteng Makam Ambruk.

Bentangan benteng sepanjang 60 meter lebih berketinggian dua meter pada pemakaman umum Gordah di Kelurahan Jayawaras Tarogong Kidul Garut, Jawa Barat, ambruk juga sebagian berkondisi rapuh. 

Drs Tatang Mulyana.

Sehingga mendesak bisa segera direhabilitasi pembangunannya, lantaran jika dibiarkan terlantar dapat berakibat terancamnya tulang belulang dari dalam makam tersebut, berserakan tergerus longsoran susulan.

Menyusul ambruknya benteng makam itu, terjadi Jum’at (23/02-2018) dini hari sekitar pukul 04.00 WIB setelah diguyur hujan nyaris semalaman, ungkap Ketua RT setempat, Abah.

“Tulang Belulang Terancam Berserakan Tergerus Longsor Susulan”

Kepala Kelurahan Jayawaras Drs Tatang Mulyana katakan, jajarannya kini gencar mengemas perencanaan pembangunan rehabilitasi bentangan benteng makam ini, yang diagendakan, Senin (26/02-2018), dilaporkan kepada Bidang Pertamanan dan Pemakanan pada Dinas Lingkungan Hidup kabupaten setempat.

Tatang Mulyana juga mengemukakan, bongkahan benteng yang tumbang tersebut perlu segera dibersihkan. Sebab menghalangi mobilitas lalu lintas umum yang terhalangi material sepanjang jalan melintasi benteng makam itu.

Sehingga sangat diharapkan pembangunan rehabilitasinya bisa menjadi prioritas Pemkab setempat, melalui Bidang Pertamanan dan Pemakaman Dinas Lingkungan Hidup.

Mendesak Segera Ditanggulangi.

Selama ini pula pemakaman ini, dimanfaatkan penduduk sekitarnya termasuk antara lain Warga Jayaraga, serta masyarakat dari Kelurahan Sukajaya.

Masih menurut Tatang Mulyana, kondisi Kantor Kelurahan Jayawaras pun perlu segera direhabilitasi pembangunannya.

Wilayah kelurahan ini seluas 153 hektare berpenduduk sekitar 13.000 lebih atau 3.000 an kepala keluarga (KK) yang tersebar di 19 RW dan 64 RT, memiliki potensi masyarakat berwiraswasta.

Memprihantinkan.

Diharapkan kondusifnya kenyamanan dan ketertiban seluruh wilayah kelurahan, bisa terus terpelihara bahkan semakin ditingkatkan kualitasnya, imbuh Lurah Tatang Mulyana.

*********

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here