Baznas Agendakan Wujudkan Gerai Pengumpulan ZIS Pendopo

0
29 views
Rd. Aas Kosasih, S.Ag., M.Si

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat

Garut News ( Selasa, 15/05 – 2017 ).

 Rd. Aas Kosasih, S.Ag., M.Si
Rd. Aas Kosasih, S.Ag., M.Si

Keluarga Besar Jajaran Pengurus  “Badan Amil Zakat Nasional” (BAZNAS) Kabupaten Garut, mengagendakan penyelenggaraan Bulan Pengumpulan “Zakat, Infak, dan Sedekah” (ZIS), yang antara lain dengan mewujudkan “gerai” di komplek gedung pendopo kabupaten setempat.

Ketua Baznas Kabupaten Garut Rd. Aas Kosasih, S.Ag., M.Si katakan, diharapkan pula pada perwujudan gerai tersebut, bisa mendapatkan apresiasi positip dari Bupati Rudy Gunawan beserta Wakil Bupati Helmi Budiman, sehingga dapat mengundang kehadiran seluruh elemen dan komponen masyarakat Muslim di wilayahnya.

Lantaran penyelenggaraan Bulan Pengumpulan ZIS itu, juga merupakan “responsibility” Rukun Islam sekaligus menyambut kemuliaan sepanjang Bulan Suci Ramadlan 1438 H.

Bahkan Aas Kosasih kepada Garut News, Selasa (15/05-2017), juga mengemukakan inisiasi menggegap-gempitakan setiap amalan shaleh dari kalangan pemimpin formal atau dari atas, juga merupakan “Uswatun Hasanah” maupun teladan yang baik. 

Menyusul potensi pengumpulan ZIS di Kabupaten Garut sangat besar, namun selama ini rata-rata perolehan setiap bulan bernilai Rp200 juta, padahal jika nilai pengumpulan sangat besar maka dipastikan pula bakal lebih besar lagi pendistribusiannya kepada kaum dhuafa, atau fakir miskin.

Karena itu, kini terdapat kalangan mahasiswa yang secara sukarela segera menyosialisasikan momentum bulan melaksanakan Rukun Islam sekaligus memproses pengumpulan ZIS secara spontanitas pada setiap pasar swalayan, mini market, serta mal (pusat perbelanjaan) di seputar Kota Garut.

Baznaz Kabupaten Garut juga menyampaikan penghargaan, serta apresiasi positifnya kepada pelbagai lembaga termasuk SKPD, di antaranya Kemenag, serta Dinkes kabupaten setempat yang selama ini konsisten mengkoordinir seluruh jajarannya menunaikan kewajibannya membayar zakat, termasuk infak dan sedekah.

“Peranan Baznas pun tak akan bisa besar, jika pengumpulan ZIS nya kecil,” imbuh Aas Kosasih, kembali mengingatkan.

 

***********

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here