Bazar Murah Produk Agro Sambut Rhamadhan

Garut News ( Rabu, 25/06 – 2014 ).

Ilustrasi. (Foto: John DH).
Ilustrasi. (Foto: John DH).

Menyambut puasa Rhamadan, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Garut menggelar bazar murah produk agro di halaman kantor Dinas TPH setempat selama tiga hari, sejak Selasa (24/06-2014).

“Ini memang kegiatan tahunan menjelang Rhamadan. Tahun ini, di area bazaar ada sebanyak 24 stan kelompok tani, dan masyarakat lain menyediakan barang-barang kebutuhan pokok, seperti sayuran, beras, minyak goreng, dan telur,” kata Kepala Dinas TPH Kabupaten Tatang Hidayat.

Dikatakan, khusus beras, telur, dan minyak goreng, harganya lebih murah lantaran mendapatkan subsidi.

Diharapkan digelarnya bazaar tersebut, selain menjadi ajang bersillaturrahim masyarakat, juga terjalin peningkatan kerja sama antara unsur pemerintah dengan petani pelaku usaha, dan masyarakat, katanya.

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman menyatakan, pelaksanaan pembangunan bidang pertanian di Kabupaten Garut perlu dilakukan strategis dan lebih bijaksana dengan pendekatan lebih komprehensif serta terpadu.

Pendekatan tersebut lebih memerhatikan keseluruhan aspek agrobisnis, mulai hulu hingga hilir.

Sehingga keseimbangan antara peningkatan konsumsi dengan peningkatan produksi bisa menguntungkan semua pihak, tanpa mengurangi arti proses penyempurnaan distribusi, dan mutu produk.

“Kabupaten Garut salah satu daerah di Jawa Barat menyandang predikat Kabupaten Pertanian. Ini tercermin dari kondisi alam cocok pengembangan pertanian dengan ragam komoditi dikembangkan. Meliputi tanaman pangan, hortikultura, perkebunan dan peternakan,” kata Helmi.

Dia juga mengapresiasi para pelaku usaha pertanian selama ini menjadi pelopor, motivator, sekaligus penggerak peningkatan produksi serta pengolahan produk pertanian.

Sehingga memberikan kontribusi sangat berharga bagi tumbuhnya perekonomian daerah, katanya pula.

*****

Noel, Jdh.

Related posts