Bayi Berusia 74 Menit Menjadi Donor Organ Termuda di Dunia

Bayi Berusia 74 Menit Menjadi Donor Organ Termuda di Dunia

573
0
SHARE

Garut News ( Rabu, 02/12 – 2015 ).

Hope Lee (kiri) meninggal 74 menit setelah lahir. Dia meninggalkan saudara kembarnya, Josh. (BBC).
Hope Lee (kiri) meninggal 74 menit setelah lahir. Dia meninggalkan saudara kembarnya, Josh. (BBC).

— Seorang bayi bernama Hope Lee menjadi penyumbang organ tubuh termuda di Inggris setelah sempat bertahan selama 74 menit seusai dilahirkan.

Orangtua Hope Lee sudah mengetahui selama berbulan-bulan bahwa bayinya akan berumur pendek karena kondisi otak dan tengkorak yang mematikan.

Emma dan Andrew Lee yang berasal dari kota Newmarket menyetujui jika ginjal Hope disumbangkan untuk kepentingan transplantasi.

Hope lahir lebih dulu dari saudara kembarnya, Josh, di Addenbrooke Hospital, Cambridge, pada pekan lalu, seperti dilaporkan pertama kali di situs Cambridge News.

“Waktu yang menyedihkan”

Orangtua Lee mengetahui bayi mereka memiliki kondisi anencephaly atau cacat otak pada minggu ke-13 kehamilan dan mereka menolak pengguguran.

Andrew Lee mengatakan, “Ini adalah saat yang sangat menyedihkan, tetapi seluruh keluarga kami sepakat untuk menandatangani pernyataan donasi organ.”

“Kami mempunyai waktu untuk merencanakan segala sesuatu yang ingin kami lakukan dan pihak rumah sakit mampu untuk melakukan tindakan transplantasi ginjal, dan beberapa jaringan lever (hati) juga diambil.”

Ayah Hope mengatakan, jika mereka tidak merencanakan hal itu terlebih dahulu, mereka tidak mungkin bisa mewujudkan rencana donor organ setelah Hope lahir.

“Tepat sebelum ia meninggal, jari-jarinya melingkar di jari saya dan saya merasa hancur,” katanya.

“Tujuh puluh empat menit tidaklah lama, tapi kami berkesempatan untuk melihatnya.”

Sally Johnson, Direktur NHS Blood dan Transplant, mengatakan, “Jarang sekali bayi-bayi muda menjadi donor organ.”

“Kami sangat berterima kasih kepada Emma dan Andrew atas keputusan yang berani ini dan memberikan kesempatan hidup kepada orang lain di saat mereka sendiri tengah berduka.”

Teddy Houlston dari Cardiff adalah donor organ termuda sebelumnya di Inggris setelah ia meninggal setelah bertahan 100 menit setelah kelahirannya pada tahun 2014.

*******
Editor : Yunanto Wiji Utomo
Sumber : BBC Indonesia/Kompas.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY