Banyak Guru Tergiur Bisa Hijrah Jadi Pengajar SMA/SMK

0
169 views

Ilustrasi Fotografer : John Doddy Hidayat

Garut News ( Senin, 14/12 – 2015 ).

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Banyak guru SMP di Garut berduyun-duyun mengajukan bisa hijrah mengajar ke SMA/SMK, lantaran tergiur peningkatan kesejahteraan menjelang peralihan pengelolaan SMA dan SMK dari kabupaten/kota ke provinsi.

Sebab kepindahan mengajar dari SMP ke SMA/SMK, tertumpu harapan status kepegawaiannya menjadi tak lagi di bawah Disdik/Pemkab Garut melainkan Pemprov Jawa Barat.

“Namun usulan mereka itu tak bisa kita penuhi. Selama berlangsung persiapan pengalihan P3D (Personel, Peralatan, Pembiayaan, dan Dokumen), pusat melarang kita melakukan kebijakan strategis, termasuk soal kepegawaian,” ungkap Kepala Subag Kepegawaian Disdik kabupaten setempat, Asep Saeful Hayat, Ahad (13/12-2015).

Kata dia, kini pemberkasan data tenaga pendidikan dan kependidikan pada SMA/SMK pada Disdik rampung, bahkan sudah diperiksa pemerintah pusat.

Dikemukakan pula, salah satu alasan para guru ingin mengajar di SMA yakni menyangkut nilai tunjangan. Menurutnya, tunjangan dari provinsi kemungkinan lebih besar daripada tunjangan dari kabupaten.

Dikatakan, jumlah tenaga pendidik dan kependidikan SMA dan SMK di Disdik Garut nantinya berpindah menjadi pegawai Pemprov mencapai sekitar 2.000 orang.

“Namun mengenai pegawai yang non PNS kita belum tahu pasti, apakah mereka juga menjadi tanggung jawab provinsi atau bagaimana,” katanya.

Dijelaskan, peralihan SMA dan SMK menjadi kewenangan Pemprov Jabar efektif berlaku sejak 2017 mendatang. Sedangkan pengurusan administrasi menyangkut P3D paling lambat tuntas Desember 2016.

Dia menilai, beralihnya kewenangan SMA dan SMK ke Pemprov berdampak positif. Salah satunya terhadap berkurangnya beban pembiayaan pegawai maupun aset daerah semula beban kabupaten.

Meski, dia pun berharap hal itu tak menjadikan perhatian Pemprov terhadap kebutuhan bantuan bagi pengelolaan TK, SD, dan SMP di kabupaten menjadi berkurang, imbuhnya.

********

Noel, Jdh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here