Bangunan Baru Pasar Limbangan Dijadwalkan Segera Ditempati

0
38 views

Fotografer : John Doddy Hidayat

Garut News ( Rabu, 13/04 – 2016 ).

Bupati dan Wabup Garut, Seolah Saksikan Langsung Orasi Demo dari P3L.
Bupati dan Wabup Garut, Seolah Saksikan Langsung Orasi Demo dari P3L.

Bupati Garut Rudy Gunawan menjadwalkan para pedagang Pasar Limbangan selama ini menempati lokasi pasar darurat di Lapangan Pasopati dipindahkan menempati bangunan baru Pasar Limbangan pada 21 Maret 2016.

Lantaran, pembangunan Pasar Limbangan dinilai rampung, dan izin mendirikan bangunan (IMB) sempat menjadi permalahan pun diterbitkan Pemkab Garut dengan IMB baru.

“Para pedagang segera menempati kiosnya di tempat baru. Soalnya, tahap pembangunan telah selesai. Pemkab Garut juga mengeluarkan IMB baru, “ katanya kepada Pers, Selasa (12/04-2016).

Saat ini, kata dia, pihaknya melakukan persiapan berkaitan pemindahan para pedagang tersebut. Termasuk berkoordinasi dengan PT Elva Primandiri selaku pengembang Pasar Limbangan.

Dinas/instansi terkait Pemkab Garut pun melakukan pendataan terhadap para pedagang akan menempati bangunan kiosnya yang baru. Baik pedagang lama, maupun pedagang baru.

“Agar jangan sampai pedagang itu pindah ke bangunan baru, tetapi tidak memiliki tempat,” katanya pula.

Ditanya masih ada persoalan dengan para pedagang tergabung dalam Paguyuban Pedagang Pasar Limbangan (P3L), Rudy menegaskan hal tersebut bukan domain Pemkab Garut melainkan domain pihak pengembang.

“Pokoknya begini, tanggal 21 April itu, semua pedagang harus segera pindah. Di mana kesepakatan dengan pengelola Lapang Pasopati hanya satu tahun, dan saat ini sudah habis,” ujarnya.

Tetapi dia juga mengakui, kendati proses pemindahan para pedagang ke bangunan kiosnya yang baru segera dilaksanakan, masih ada sejumlah permasalahan antara Pemkab Garut dengan pengembang yang harus diselesaikan.

Seperti kesepakatan penyelesaian atas tuntutan warga Sindang Anom yang belum terealisasi.

*******

( nz ).