Balada Pengamen Bandung Memburu Rejeki Lebaran Garut

0
37 views

“Terdesak Kebutuhan Baju Baru Anak Pada Lebaran Idul Fitri 1437 H/2016 Ini”

Esay/Fotografer : John  Doddy Hidayat

Garut News ( Sabtu, 18/06 – 2016 ).

Tetap Menapaki Lintasan Pinggiran jalan yang Berdebu.
Tetap Menapaki Lintasan Pinggiran jalan yang Berdebu.

Inilah balada seorang pengamen, Ny. Ai Lina ibu empat anak asal Komplek Pasar Caringin Bandung, yang kini memburu rezeki Lebaran di Kota Garut, Jawa Barat.

Menyusul dari keempat anak kandungnya, tiga di antaranya masih belum berkeluarga bahkan masih bersekolah. Sehingga kini terdesak pemenuhan kebutuhan membelikan baju baru untuk berlebaran Idul Fitri 1437 H/2016 ini.

Sedangkan suaminya juga masih berprofesi sebagai pengamen, yang beroperasional di Kota Bandung secara berkelompok dengan rekan-rekannya, ungkap Lina, Jum’at (17/06-2016).

“Saya membantu suami, ingin mendandani anak-anak dengan baju baru pada Lebaran mendatang, baru tadi siang tiba di Garut dengan bis,” katanya.

Tetap Optimis Meski Berbekalkan Piranti Musik, dan Vokal Seadanya.
Tetap Optimis Meski Berbekalkan Piranti Musik, dan Vokal Seadanya.

Dia juga mengaku, masih bisa bertahan menunaikan ibadah Puasa Ramadlan. Meski dari siang hingga menjelang sore terus menapaki lintasan pinggiran jalan berdebu sejauh beberapa kilometer.

Dengan berbekalkan piranti musik, serta vokal seadanya. Tetapi tetap optimis pula bisa mendapatkan rezeki kendati upah setiap membawakan lagu rata-rata hanya Rp2 ribu, itupun jika ada yang ikhlas memberikannya.

Bahkan pada menjelang Lebaran Idul Fitri tahun lalu pun, mengamen di seputar pinggiran Kota Garut kerap mendapatkan penghasilan setiap hari Rp150 ribu.

Sedangkan jika sepi rejeki, pendapatannya sepanjang hari hanya Rp16 ribu, itupun tetap disyukuri, ungkap dia pula.

“Sengatan terik matahari setiap harinya, selama ini menjadi kendala paling berat untuk senantiasa bisa dijalani dengan rasa ikhlas,” imbuhnya pula mengakhiri keterangan pengamen perempuan yang kini berusia 39 tahun.

Tetapi dia pun menambahkan, pengamen juga sama dengan para penyanyi terkenal di dalam maupun luar negeri. Namun hanya beda tempat menampilkan diri, katanya.

******