“Awas” Gunungapi Agung Tak Surutkan Bupati Garut

by
Rudy Gunawan.

Fotografer : John Doddy Hidayat

Garut News ( Rabu, 11/10 – 2017 ).

Rudy Gunawan.

Meski kini kondisi Pulau Bali sarat diliputi kekhawatiran kemungkinan terjadinya erupsi Gunungapi Agung, menyusul status awas gunungapi tersebut. Namun sama sekali tak merintangi Bupati Garut Rudy Gunawan dan rombongan beramai-ramai bertolak ke pulau dewata itu.

Katanya memenuhi undangan pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berkaitan keberlangsungan program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di Kabupaten Garut.

Sehingga Bupati bersama sejumlah pejabat Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), dan unsur DPRD kabupaten setempat berangkat ke pulau ini sejak, Selasa (10/10-2017).

Sekretaris Bappeda Garut, Agus Ismail katakan, pihaknya ke Bali bukan dalam rangka studi banding melainkan memenuhi undangan rapat Kementerian PUPR membahas seputar program Pamsimas. Termasuk soal petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknisnya, serta rencana program tahun 2018.

“Di sana kan harus ada kesepakatan pemerintah daerah terkait pendampingan dan replikasinya yang harus langsung ditandatangani Bupati, DPRD, Bappeda, dan Dinas PUPR,” katanya.

Berdasar Surat Dir Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum Dirjen Ciptakarya Direktorat Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum pada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bernomor PR-01-03-ca/306 tertanggal 3 Oktober 2017, Kabupaten Garut mendapatkan alokasi desa sasaran Pamsimas Tahun Anggaran 2018 sebanyak 30 desa.

Sebanyak 24 desa di antaranya dibiayai APBN, dan enam desa dibiayai APBD, katanya pula.

Tetapi belum diketahui desa/kecamatan mana menjadi sasaran peningkatan akses layanan air minum, dan sanitasi bagi masyarakat miskin tersebut, di Kabupaten Garut.

Sedangkan pada Tahun Anggaran 2017, jumlah desa di Kabupaten Garut yang mendapatkan program Pamsimas juga mencapai 30 desa . Desa-desa tersebut tersebar pada  19 wilayah kecamatan. Mulai desa di wilayah utara, tengah hingga wilayah selatan Garut.

*******

(NZ).