APPI Membuahkan Formula Efektif Optimalisasi Germas dan Pencegahan Stunting

0
46 views
Pembukaan Pertemuan APPI Dengan Para Mitra.
Muhani, SKM, M. Kes.

“Germas Bisa Cegah Penyakit Tidak Menular”

Bandung, Garut News ( Selasa, 13/08 – 2019 ).

“Aliansi Pita Putih Indonesia” (APPI) pada pertemuan dua hari dengan para mitra, berhasil membuahkan formula efektif mengoptimalisasikan Germas dan Pencegahan Stunting.

Sebaimana antara lain diharapkan Ketua I APPI, dr Ratna Pertiwi Tjahja ketika membuka rangkaian helatan tersebut, di Karangsetra Hotel Bandung, Selasa (13/08-2019).

Kepala Seksi Advokasi pada Direktorat Promosi Kesehatan Kemenkes RI, Muhani, SKM, M.Kes detail pula mempresentasikan “Gerakan Masyarakat Hidup Sehat” (Germas) antara lain berkorelasi dengan “Perilaku Hidup Bersih dan Sehat” (PHBS), termasuk pola makan banyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan, juga aktivitas fisik teratur dan terukur

Optimalisasi germas dan Pencegahan Stunting.

Diingatkan, dari sepuluh penyebab kematian tertinggi di Indonesia merupakan penyakit tidak menular di antaranya jantung yang penyebabnya belum tentu sama, namun empat faktor resikonya terdiri kurang aktivitas fisik, minuman beralkohol, kurang mengonsumsi sayur dan buah, serta merokok.

Penyakit tidak menular juga memengaruhi faktor ekonomi yang bisa menyebabkan JKM mengalami defisit, sehingga diperlukan upaya pencegahan dengan Germas atau PHBS, imbuh Muhani.

Germas di antaranya bisa diimplementasikan dengan kegemaran masyarakat menanam sayuran, dan buah-buahan.

Pentingnya Memotivasi Masyarakat Secara Masif, dan Terencana.

Sedangkan stunting, tak ada satu pun provinsi di Indonesia bebas stunting yang akan menjadi beban di masa mendatang.

Lantaran stunting antara lain berdampak anak kurang sehat, jeleknya pertumbuhan kognitif, yang sejak bayi bisa dicegah dengan pemberian air susu ibu, konsumsi ibu cukup sejak hamil, pemeriksaan minimal empat kali selama kehamilan.

Berlangsung Dialog maupun Tanya Jawab.

“Hendaknya pula memerhatikan pula aspek vitamin, nutrisi maupun gizi setiap mengonsumsi makanan,” ungkap Muhani mengampanyekan pula Isi piringku, antara lain berkomposisi 0,5 sayur dan buah.

Serta pemeriksaan kesehatan secara berkala, lantaran Germas bermanfaat pula untuk diri sendiri masyarakat, yang juga diingatkan bahaya merokok konvensional dan rokok elektrik.

Nara Sumber dari Kemenkes.

Pada rangkaian pertemuan itu, digulirkan pula diskusi pelaksanaan pergerakan, dan “Rencana Tindak Lanjut” (RTL) di wilayah Kecamatan Cibatu dan Leuwigoong Garut, Jawa Barat.

“Ikan Sepat – Ikan Emas, Jika Mau Sehat Silahkan Germas,” imbuh Muhani Pula.

Endang Sri Widianingsih.

Indikator kinerja fasilitasi peranserta ormas dalam promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat 2019, juga penjelasan kegiatan penggerakan pencegahan stunting, serta kegiatan penggerakan optimalisasi Germas, demikian antara lain dikemukakan Ketua Bidang KIE APPI, Endang Sri Widianingsih.

Bambang Dwi Nugroho Presentasikan Manfaat Jagung Manis.

********

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here