Annur Malangbong Garut 147 Tahun Bangun Peradaban

    0
    556 views
    Ust. Atep Somari Bertsama Istri.

    Garut News ( Sabtu, 25/11 – 2017 ).

    Ust. Atep Somari Bersama Istri.

    Pondok Pesantren YPI Annur Garut di Karanganyar Malangbong, Jawa Barat, lembaga pendidikan Islami yang sejak didirikannya 1870 M hingga kini selama rentang waktu 147 tahun senantiasa bereksistensi ikut berperan serta membangun peradaban sumber daya manusia Bangsa Indonesia.

    Terletak Pada Lintasan Jalan Negara Menghubungkan Jakarta – Surabaya.

    Lantaran sejak didirikannya oleh KH. A. Jalaluddin berpola pendidikan Pondok Pesantren Salafi Murni.

    Kemudian dilanjutkan oleh para puteranya, yang senantiasa konsisten dengan komitmen berdasar Al-Quran dan As-Sunnah, juga berusaha mengikuti jejak langkah Ulama Salafush sholihin serta mengambil nilai-nilai baru/ modern yang maslahat.

    Memiliki Sumber Daya Santri, dan Santriwati yang Berdinamika Kreatif, Juga Inovatif.

    Melalui upaya mengikuti Madzhab Ahlus sunnah wal jama’ah yang dalam keseharian berusaha pula mengikuti tradisi Syafi’iah.

    Namun bersikap tasamuh/ toleran terhadap madzhab/ faham lain sepanjang berprinsif sama pada dua kalimah syahadat.

    Independen, tidak menjadi onderbow partai politik atau ormas manapun, kendati secara pribadi bisa menjadi pengurus/ anggota parpol, atau ormas sesuai dengan pilihannya.

    Menpen RI, H. Harmoko Payungi Wartawan, Ketika Bersafari Ramadlan di Pondok Pesantren YPI Annur Garut di Karanganyar Malangbong, Jabar. (Foto : Drs Rudiana/Deppen Garut).

    Antara lain berbasiskan kebijakan operasional memadukan sistem pendidikan pesantren dan sekolah, melayani semua lapisan masyarakat, tak membedakan status sosial ekonomi, faham keagamaan, politik manapun, ras/ suku bangsa.

    Demikian antara lain kilasan perbincangan silaturahim Garut News dengan Ust. Atep Somari, Jum’at (24/11-2017) petang, di Pondok Pesantren bernuansakan humanis dengan ribuan santri, dan santriwati yang ramah-tamah. Mereka berdatangan dari pelbagai pelosok tanah air.

    ********

    Pelbagai Sumber/Fotografer : John Doddy Hidayat.