Angin Kencang Berombak Besar Terjang Kabupaten Garut

0
66 views
Terpaksa Diparkir.

Garut News ( Kamis, 30/11 – 2017 ).

Terpaksa Diparkir.

Terjangan angin kencang, mengakibatkan sejumlah pohon besar, dan tiang listrik pada beberapa titik lokasi di Garut, Jawa Barat, rubuh, Kamis (30/11-2017).

Kendati tak menelan korban. Namun peristiwa tersebut menyebabkan sedikitnya sebuah rumah rusak tertimpa pohon. Juga, bangunan sekolah di dua wilayah kecamatan rusak.

Rumah rusak tertimpa pohon tumbang diterjang angin tersebut, milik Ana di Kampung Mulakeudeu RT 03/05 Desa Sukalaksana Kecamatan Sucinaraja.

Belum diketahui kerugian material akibat kejadian itu. Aparatur pemerintah setempat bersama warga berupaya melakukan penanggulangam dengan memotong pohon tumbang ini, dan membersihkannya, serta melakukan perbaikan rumah.

Sedangkan dua unit sekolah tertimpa pohon tumbang terdiri sekolah dasar di Kecamatan Kadungora, dan Kecamatan Cibatu.

“Ya. Ada dua sekolah tertimpa pohon. Di Kadungora, dan Cibatu. Tetapi kita belum dapat laporannya dari UPTD,” ungkap Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Garut Ade Manadin.

Dari Garut dilaporkan pula, berdasar data Dinas Peternakan dan Perikanan kabupaten setempat menunjukkan jumlah nelayan di wilayah pesisir selatan Garut mencapai sekitar 2.011 orang.

Mereka tersebar di wilayah Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Cilauteureun, PPI Cimarimuara, PPI Cijeruk, dan PPI Rancabuaya.

Panjang bentangan pantai selatan Garut mencapai sekitar 83 kilometer meliputi Kecamatan Cibalong, Pameungpeuk, Cikelet, Mekarmukti, Pakenjeng, Bungbulang, dan Kecamatan Caringin.

Kini sebagian besar nelayan terpaksa tak melaut, lantaran dihadang ombak besar dengan tiupan angin besar, sehingga bisa membahayakan keselamatan.

********

NZ/Fotografer : John Doddy Hidayat