Anak Berusia 10 Tahun Tewas Tergerus Cimanuk Garut

0
25 views
Ilustrasi.

Garut News ( Ahad, 21/01 – 2018 ).

Ilustrasi.

Dua anak laki-laki tergerus arus saat mandi di Sungai Cimanuk seputar Kampung Jangkurang Kelurahan Sukamentri Garut Kota, atau tak jauh dari rumah tinggal mereka, Ahad (21/01-2018).

Meski seorang di antaranya berhasil diselamatkan berkondisi pingsan, Galang bin Yana (11) penduduk RT 04/12 Sukamentri. Namun rekannya ditemukan berkondisi meninggal dunia, Ardi bin Toto (10).

Berdasar keterangan yang dihimpun menyebutkan, peristiwanya berawal sekitar pukul 11.30 WIB, empat anak terdiri Ardi, Galang, Gilang (adik Galang), dan Widi bermain sekitar tempat kejadian hingga kemudian muncul ide untuk mandi di sungai.

Tetapi Widi menolak mandi, diapun langsung pulang ke rumahnya. Sedangkan Galang dan Ardi langsung terjun ke permukaan air sungai berarus deras. Kedua anak tersebut serta merta gelagapan timbul tenggelam lantaran tergerus arus sungai.

Gilang belum sempat mandi terkejut melihat kakak serta temannya hilang terseret arus sungai langsung lari menuju orang tuanya memberitahukan kejadian tersebut.

Orang tua bersama warga pun langsung memburu ke arah lokasi kejadian. Sebagian lainnya melapor pada pihak berwenang.

Aparat gabungan bersama Tim SAR Pramuka, PMI, Tagana, dan warga masyarakat bersama-sama melakukan upaya pencarian.

Sekitar 50 meter dari lokasi kejadian, Galang berhasil ditemukan berkondisi pingsan dengan tubuh mengambang di permukaan air. Selanjutnya dievakuasi untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut.

Sedangkan korban Ardi ditemukan sekitar pukul 14.30 WIB di lokasi tak jauh dari ditemukannya Galang. Namun korban Ardi berkondisi meninggal dunia dengan posisi tubuh tenggelam di bawah air sungai.

“Informasi petugas di lokasi kejadian, arus airnya kuat, dan dalam. Maka, kita sering mengingatkan masyarakat agar hati-hati jika berenang di sungai. Bahkan lebih baik jangan berenang. Karena memang Cimanuk itu dalam, aliran airnya deras sangat membahayakan,” imbuh Staf BPBD Garut, Imat Ruhimat.

*********

NZ/Ilustrator : Muhammad Erwin Ramadhan.