Ambisi Rudy Bisa Bidik IPM 78 Diragukan

Garut News ( Ahad, 08/06 – 2014 ).

Deden Sofyan Berikan Keterangan. (Foto: John Doddy Hidayat).
Deden Sofyan Berikan Keterangan. (Foto: John Doddy Hidayat).

Ambisi Bupati Rudy Gunawan menargetkan “Indeks Pembangunan Manusia” (IPM) di Kabupaten Garut pada 2018 mendatang menjadi 78.

Atawa melebihi target ditetapkan Pemprov Jabar, 75 diragukan banyak kalangan.

Lantaran, delapan program unggulan janji kampanye Rudy – Helmi pada Pilbup 2013 dituangkan RPJM Garut 2014-2019 itu.

Nyaris seluruhnya justru tak lebih merupakan kegiatan memang diprogramkan pemerintah pusat, dan pemprov.

Sedangkan IPM Kabupaten hingga akhir 2013 bertengger pada 72,73. Masih terpaut 1,07 dari rata-rata IPM Jabar, juga terpaut 1,17 dari rata-rata IPM nasional.

“Sebenarnya seperti tertuang pada RPJM-nya, Provinsi menargetkan IPM Garut 2018 itu sekitar 75 poin. Tetapi Bupati menyatakan sanggup di atas provinsi, hingga sekitar 78 poin. Bupati ingin Garut dua tahun ke depan terlepas dari status daerah tertinggal. Ya, DPRD mendorong dengan beberapa catatan,” ungkap Sekretaris Pansus DPRD tentang RPJMD Garut 2014-2019, Deden Sofyan, Ahad (08/06-2014).

Catatan DPRD terkait ambisi Rudy mendongkrak IPM hingga mencapai 78 poin, tutur Deden, di antaranya pihak eksekutif kudu sanggup bekerja keras melakukan beragam terobosan program mencapainya.

Itu tercermin melalui perubahan angka indikator makro komponen-komponen IPM bidang pendidikan, kesehatan, dan daya beli masyarakat.

Termasuk bagaimana caranya agar “Laju Pertumbuhan Ekonomi” (LPE) Garut, dan Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB)-nya naik.

Angka Harapan Hidup (AHH)-nya juga kudu meningkat.

“Terkait kesehatan, misalnya, bagaimana agar AKB/AKI-nya (Angka Kematian Bayi Baru Lahir/Angka Kematian Ibu bersalin) di Garut masih tinggi ini bisa ditekan? Bisa dilakukan antara lain proses persalinan oleh bidan, perbanyak layanan kesehatan, tingkatkan puskesmas menjadi puskesmas dengan tempat perawatan,” imbuh Deden, menyerukan.

Catatan lain, pihak eksekutif mesti melakukan pelrbagai langkah terobosan agar “Pendapatan Asli Daerah” (PAD) Garut juga meningkat signifikan.

Lantaran jika hanya meningkat sekitar tujuh prsen, maka itu sama saja dengan masa-masa sebelumnya.

Deden mengaku agak pesimis target itu tercapai, apalagi ambisi besar Rudy agar Garut terlepas dari status daerah tertinggal dalam dua tahun ke depan.

Terutama menyangkut prioritas kegiatan dengan kondisi berkemampuan dan ketersediaan anggaran tersedia.

Anggota Fraksi Partai Golkar itu juga menilai tak ada langkah terobosan sifnifikan dari delapan program unggulan janji kampanye Rudy pada Pilbup Garut 2013 dituangkan RPJM Garut 2014-2019 itu.

Nyaris selurunya justru tak lebih merupakan kegiatan memang diprogramkan pemerintah pusat, dan pemprov.

Wabup Garut Helmi Budiman sempat membantah apabila capaian IPM Garut ditargetkan pada RPJM Garut 2014-2019 sebesar 78.

“Enggak lah. Kita targetkan mendekati IPM Jabar sekitar 76 poin koma sekian,” katanya tanpa menjelaskan lebih jauh.

*******

Noel, Jdh.

Related posts

Leave a Comment