Amalan yang Dicintai Allah SWT dari Hamba Muslim

Amalan yang Dicintai Allah SWT dari Hamba Muslim

278
0
SHARE
Konsisten Menjaga juga Merawat Ragam Vegetasi di Agro Park Ponpes/Kuttab Yadul 'Ulya, Wujud Kepedulian Terhadap Makhluk Hidup.

Senin 08 Nov 2021 11:37 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah

Konsisten Menjaga juga Merawat Ragam Vegetasi di Agro Park Ponpes/Kuttab Yadul ‘Ulya, Wujud Kepedulian Terhadap Makhluk Hidup.

“Allah SWT mencintai amalan yang dilakukan secara konsisten”

REPUBLIKA.CO.ID, — Ulama dari Lembaga Fatwa Mesir, Dr Mahmud Syalabi dalam akun resmi facebooknya menjelaskan tentang amal apa saja yang paling dicintai Allah SWT.  

Syekh Syalabi menjelaskan bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

أعلموا أَحَبُّ الْأَعْمَالِ إِلَى اللَّهِ تَعَالَى أَدْوَمُهَا وَإِنْ قَلَّ “Ketahuilah oleh kalian semua, Amalan yang paling dicintai Allah adalah yang terus-menerus (dilakukan) meskipun sedikit.” (HR Muslim nomor 1305)

Syekh Syalabi menjelaskan yang dimaksud amalan yang dicintai Allah itu seperti adalah amal yang didasari iman kepada Allah SWT.

Lestari Agro Park Ponpes/Kuttab Yadul ‘Ulya Garut, Penunjang Kemandirian Ekonomi Pesantren.

Lalu amalan yang juga dicintai Allah adalah mengerjakan sholat tepat waktu, berbakti kepada orang tua, menjaga silaturahim, membaca Alquran, dan bersedekah. Semua amal itu dicintai Allah SWT. Kendati demikian yang terpenting bagi hamba adalah konsisten atau terus menerus dalam berbuat taat.

Syekh Syalabi mencontohkan kebanyakan anak menghormati ibunya pada peringatan Hari Ibu, namun beberapa anak justru tidak melakukan itu pada hari-hari biasanya. Atau seseorang bersedekah pada Ramadhan saja dan berhenti pada hari-hari biasanya.

“Amal yang paling dicintai Allah itu adalah yang terus-menerus meskipun sedikit. Dibanding bersedekah seribu pound sekali lebih baik saya keluarkan lima puluh setiap bulan. Dibanding mengkhatamkan Alquran dibulan Ramadhan saja, saya cukup membaca satu atau dua halaman setiap hari,” katanya.

Agro Park & Resto Ponpes/Kuttab Yadul ‘Ulya Garut.

Mantan Mufti Agung Mesir, Syekh Ali Jumah menjelaskan tentang macam-macam amal saleh lainnya yang dicintai Allah. Syeh Ali mengutip sabda Rasulullah ﷺ:  

أَحَبُّ الأَعْمَالِ إِلَى اللهِ سُبْحَةُ الْحَدِيثِ، قَالُوا : وَمَا سُبْحَةُ الْحَدِيثِ يَا رَسُولَ اللهِ ؟ قَالَ : الرَّجُلُ يُسَبِّحُ وَالَّناُس يَتَكَلَّمُون

“Amal yang dicintai Allah adalah subhatul hadits. Bertanya sahabat, “Apa itu subhatul hadits ya Rasulullah?”  Rasulullah menjawab, “Seseorang bertasbih di tengah orang-orang yang mengobrol.” 

Penunjang Kemandirian Ekonomi Pesantren.

Syekh Jumah menjelaskan tentang hadits tersebut bahwa  di tengah orang-orang yang berbincang maka hati orang tersebut  bertasbih menyadari kekuasaan ciptaan Allah. Maknanya meskipun tengah berada dengan manusia, hatinya terus dekat dengan Allah.   

*****

Republika.co.id/Ilustrasi Fotografer : Abah John.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY