Alun Alun Garut Dikepung Pedagang Ragam Komoditi

0
108 views
Wakil Bupati dr H. Helmi Budiman Juga Berdesakan Sulit Lintasi Pintu Gerbang Alun Alun Garut.

Garut News ( Ahad, 03/12 – 2017 ).

Wakil Bupati Garut, dr H. Helmi Budiman Juga Berdesakan Sulit Lintasi Pintu Gerbang Alun Alun Garut.

Alun Alun maupun Lapangan Otista Garut, Jawa Barat, ruang terbuka yang menjadi fasilitas umum di tengah jantung kota dodol tersebut, setiap Ahad maupun liburan panjang, kerap dikepung para pedagang ragam jenis makanan dan minuman ringan, juga pelbagai komoditi konsumtif.

Seputar Alun-Alun Garut, Ahad (03/12-2017).

Bahkan kepungan para pedagang kaki lima itu, juga merebak – marak pada sepanjang jalan A. Yani, juga nyaris sepanjang Jalan Pramuka hingga memenuhi lintasan ruas badan jalan di depan Kantor Camat Garut Kota.

Pada lintasan jalan ini pun, tak hanya dijajakan ragam makanan dan minuman ringan, melainkan pelbagai produk konsumtif ada disana.

Suasana CFD, Ahad (03/12-2017).

Di antaranya mulai pakaian dalam hingga pelbagai jenis busana masa kini, peralatan elektronik, peralatan rumah tangga, serta mainan anak-anak.

Sehingga setiap digelarnya “Hari Bebas Kendaraan Bermotor” (HBKB) atau “Car Free Day” (CFD), yang semula bertujuan menyosialisasikan kepada masyarakat agar menurunkan ketergantungan mereka terhadap kendaraan bermotor. Kenyataannya kian menjadi bias.

Diserbu Banyak Pengunjung.

Lantaran kondisi menjadi sangat hiruk-pikuk, malahan menyulitkan para pejalan kaki yang banyak terhalang PKL, serta banyaknya pedagang asongan.

Kepulan asap beragam aroma menyengat dari para pedagang makanan siap saji pun, semakin menyeruak mewarnai HBKB atau CFD tersebut.

Mengais Rezeki.

Padahal tema penting dalam hari bebas kendaraan bermotor, tinggalkan kendaraan bermotor di rumah, dan berjalan kakilah atau gunakan kendaraan tidak bermotor atau pun menggunakan kendaraan umum untuk perjalanan panjang. Supaya udara menjadi bersih bebas polusi sekaligus bebas hingar-bingar.

*******

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.