AKD DPRD Garut Terbentuk Bisa Resmi Ditetapkan

by

Garut News ( selasa, 07/10 – 2014 ).

Foto : John Doddy Hidayat.
Foto : John Doddy Hidayat.

Setelah dibahas cukup alot, “alat kelengkapan DPRD” (AKD) Kabupaten Garut Masa Jabatan 2014-2019 bisa terbentuk, dan resmi ditetapkan pada Rapat Paripurna, Senin (06/10-2014), sekitar pukul 16.00 WIB.

Sedangkan pagi harinya, diselenggarakan Rapat Paripurna tentang penetapan “Tata Tertib
(Tatib) DPRD setempat Masa Jabatan 2014-2019.

Padahal semula, Rapat Paripurna tentang penetapan AKD sempat direncanakan digelar, Selasa (07/10-2014).

Lantaran hingga usai penetapan Tatib DPRD, persoalan komposisi AKD masih sarat tarik ulur. Khususnya menyangkut komposisi “Badan Anggaran” (Banggar).

Bahasan komposisi anggota Banggar juga cukup alot sebab belum ada kesepakatan mengenai posisi Fraksi Gerindra etap ngotot meminta jatah dua kursi di Banggar, seperti halnya Fraksi PKS sama-sama memiliki empat kursi.

Di Banggar, Fraksi PKS berhasil menempatkan dua wakilnya. Sedangkan Fraksi Gerindra hanya satu.

Gerindra bahkan tetap mengancam jika tuntutannya tak diakomodasi, pihaknya tak segan-segan menarik keanggotaannya di Banggar, dan bakal lebih bersikap oposan.

Tetapi setelah digelar rapat pimpinan, akhirnya disepakati Fraksi PKB mencabut satu jatah kursinya di Banggar dan diisi Gerindra.

Setelah terjadi kesepakatan itu, diputuskan Rapat Paripurna Pengumuman dan Penetapan Komposisi AKD diselenggarakan.

“Kita menarik satu anggota dari Banggar, dari asalnya tiga menjadi dua. Yang satu diserahkan untuk Gerindra. Ini kita lakukan demi menjaga kebersamaan sebagai wakil rakyat. DPRD kan kolektif kolegial. Itu ingin kita bangun,” kata anggota Fraksi PKB, Alit Suherman.

*******

Noel, Jdh.