Air Putih Tanpa Daging Bisa Panjangkan Usia

0
72 views

Garut News ( Senin, 18/01 – 2016 ).

Ma Esin. (KUS).
Ma Esin. (KUS).

Kerap minum air masak putih dingin, serta tak mengonsumsi jenis daging apapun. Ternyata meski selama ini tanpa disadari tetapi bisa memanjangkan usia Ma Esin kini berusia 107 tahun.

Sehingga dambaan banyak orang berusia panjang disertai kondisi sehat jasmani, dan rohani, dapat pula di rengkuh penduduk Kampung Baru Paros RT. 01/01 Desa Sirna Jaya Tarogong Kaler, Garut, Jawa Barat, tersebut.

Ma Esin juga masih mampu berjalan tegak dan lancar, kemampuan penglihatannya juga masih awas, selain itu giginya komplet, serta pendengarannya jelas.

Maka kendati lanjut usia, namun masih tetap bisa giat beraktivitas, setiap sore pergi ke masjid mengikuti pengajian rutin, malahan bisa pula bekerja di kebun sendiri, peninggalan suami terakhirnya almarhum Emod, pensiunan veteran.

Ditemui di rumahnya, Ahad (17/01-2016) dia lantang katakan, supaya panjang umur tak ada resep khusus. Ia hanya mengaku selalu minum air putih dingin, dan tak makan daging.

Selain itu imbuhnya, juga kudu dibarengi ibadah shalat lima waktu jangan ditinggalkan. “Hati bersih, tak ada prasangka buruk kepada orang lain, serta dibarengi amal jariah,” tandasnya, bersemangat mengingatkan.

Dahulu, ungkapnya. Ia memasak nasi menggunakan alat tradisional hawu terbuat dari tanah liat, perapiannya berkayu bakar. Alat memasaknya menggunakan seeng dan aseupan (kukusan terbuat dari anyaman bambu).

Sedangkan lauk pauknya hanya tempe, tahu dan ikan asin. “Sangat langka makan daging! sekarang modern, memasak nasi pake listrik, makan selalu pake daging, jadi penyakitnya juga sudah pada modern,” katanya.

Dikemukakan, dirinya empat kali menikah. “Keempat mantan suami Ema semuanya perjaka dan usianya di bawah Ema, semuanya sudah pada meninggal,” kata dia.

Ma Esin dikaruniai 12 anak dari suami terakhir, Emod. Anak masih ada hanya empat, lainnya sudah pada meninggal. Anak sulung kini berusia 75 tahun, tuturnya.

“Cucu ada 17, buyut 30, bao tiga dan gudeg gudeg satu. Ma Esin pun mengaku tak pernah sakit parah kalau pun terserang sakit, hanya ringan seperti sakit perut, itu pun bisa sembuh satu hari,” ungkap Yuyun Sumiati(54), anak Ma Esin.

*******

(KUS, JDH).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here