9.303 Disabilitas Garut Melalui Rehabilitasi Berbasis Masyarakat

0
90 views
Kepala Bidang Pembinaan Sosial pada Dinsos Kabupaten Garut.

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat

Garut News ( Jum’at, 29/09 – 2017 ).

Kepala Bidang Pembinaan Sosial pada Dinsos Kabupaten Garut.

Di Kabupaten Garut, Jawa Barat, terdapat sedikitnya 9.303 disabilitas yang seluruh proses penanganannya diharapkan bisa melalui “Rehabilitasi Berbasis Masyarakat” (RBM).

Demikian intisari penyelenggaraan penyuluhan digelar Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat, mengenai penyandang disabilitas melalui RBM tersebut di Cibatu, Kamis (28/09-2017).

Kepala Bidang Pembinaan Sosial pada Dinsos kabupaten setempat, Dadang Buchori, S.Sos di ruang kerjanya, Jum’at (29/09-2019) katakan, berdasar Permensos No. 8/2012 disabilitas terbagi “Anak Dengan Kedisabilitasan” (ADK) di Garut ada 1.028 ADK.

Kemudian penyandang disabilitas berusia 18 tahun keatas di Garut mencapai 8.275 orang, mereka terbagi berkondisi fisik tuna rungu, netra, dan kondisi tubuh.

Disusul berkondisi mental reterdasi, serta ekspsikologi, juga berkondisi gabungan fisik dan mental, katanya kepada Garut News.

Di wilayah Kecamatan Cibatu sejak 2014 silam terbetuk RBM, masing-masing di Desa Sindang Suka, dan Cibunar.

Masih dari Kecamatan Cibatu juga terdapat testimoni dikemukakan Ny. Ida Farida yang kondisi anak kandungnya terpaksa diamputasi, namun berhasil diberdayakan sehingga penduduk Kampung Cikopeng RT. 01/09 Desa Sindang Suka itu pun, bisa melanjutkan pendidikannya hingga ke perguruan tinggi.

Dikemukakan Dadang Buchori, jajarannya mengagendakan pula penyelenggaraan sarasehan nilai-nilai kepahlawanan, kemudian segera mengusulkan uang ‘kadeudeuh”ke Pemprov Jabar, yang diperuntukan bagi 23 janda Perintis Kemerdekaan, yang kini berusia 70 tahun lebih.

 

********