BERITA UTAMA 

7.950 Penganggur Baru Berdesakan Serbu Disnaker Garut

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat

Garut News ( Kamis, 18/05 – 2017 ).

Arif Rahman Berikan Advokasi Ketenagakerjaan Kepada Pencari Kerja.
Arif Rahman Berikan Advokasi Ketenagakerjaan Kepada Pencari Kerja.

Sedikitnya 7.950 penganggur baru maupun para pencari kerja sebagian besar lulusan SLA/SMK sejak Januari hingga 18 Mei 2017 berdesakan menyerbu Kantor “Dinas Tenaga Kerja” (Disnaker) Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Mereka mendaftarkan diri sebagai pencari kerja sekaligus memproses kepemilikan “Kartu Pencari Kerja” (AK 1), yang berlaku selama dua tahun. Namun diperpanjang setiap enam bulan jika masih belum mendapatkan pekerjaan.

Kepala Seksi Penempatan Kerja pada Disnaker kabupaten setempat, Arif Rahman katakan dari jumlah para pencari kerja yang terdaftar tersebut, terdapat di antaranya yang hendak bekerja di Tangerang, Bekasi, Pertokoan seputar Kota Garut, juga hanya mendaftar diri sebagai pencari kerja.

Para Pendaftar Tenaga Kerja.
Para Pendaftar Tenaga Kerja.

Malahan selama Mei 2017, terdapat 2.319 pencari kerja atau rata-rata 129 pencari kerja setiap harinya berdatangan mendaftar diri sekaligus memproses AK 1.

Sehingga kegiatan pelayanan setiap harinya berlangsung hingga diluar waktu atau jam kerja.

Dikemukakan pula, pada 2 Meli 2017 ada 25 purna TKI dari Korea Selatan asal Kabupaten Garut, mendapatkan pembinaan dari BP3TKI Bandung di Garut.

Mereka mendapatkan pelatihan kewirausahaan peternakan ayam, meski terdapat di antaranya kini sedang membuka usaha gerai fofo copy juga peternakan sepulangnya dari luar negeri, katanya.

Helatan itu, dimaksudkan agar hasil usaha yang mereka peroleh bisa langsung dimanfaatkan untuk modal usaha mandiri, katanya pula.

Bahkan, diagendakan pada 23 Mei 2017 diselenggarakan pemberian informasi kerja serta wawasan baru kepada 50 peserta berupa sosialisasi ketenagakerjaan oleh Kementerian Tenaga Kerja, ungkap Arif Rahman di ruang kerjanya antara lain menambahkan, Kamis (18/05-2017).

 

********

Related posts