7.000 Penerima Zakat Garut Peroleh Bantuan Rp1.990.641.000

0
99 views
H. Hendi Muhyidin, S.PdI.

Garut News ( Rabu, 17/01 – 2018 ).

H. Hendi Muhyidin, S.PdI.

Selama rentang waktu 2017 lalu terdapat 7.000 penerima manfaat maupun mustahiq (hak penerima zakat) di Kabupaten Garut, Jawa Barat, mendapatkan bantuan bertotal nilai Rp1.990.641.000,- dari Baznas kabupaten setempat.

Wakil Ketua II Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan pada Baznas Kabupaten Garut, H. Hendi Muhyidin, S.PdI katakan bantuan yang disalurkannya tersebut realisasinya dikemas pada lima program.

Bantuan Stimulan.

Terdiri melalui Program Garut Cerdas, Garut Sehat, Garut Peduli (termasuk rehabilitasi 40 unit rumah tak layak huni/rutilahu), Garut Taqwa, serta melalui kemasan Program Garut Makmur.

Kepada Garut News di ruang kerjanya, Rabu (17/01-2018), juga dikemukakan Hendi Muhyidin, seluruh penerima manfaat berdasar ‘asnaf’ atau mustahiq yakni yang berhak menerima zakat sesuai syariah agama Islam.

Pada 2017 pun, disalurkan pula bantuan berupa sedikitnya enam unit roda masing-masing bernilai Rp1,7 juta, sebagai stimulan guna meningkatkan produktivitas pedagang berekonomi lemah, yang penyalurannya masih menunggu waktu yang tepat.

Karena itu, sangat diharapkan seluruh warga Kabupaten Garut khususnya kalangan “Aparatur Sipil Negara” (ASN), hendaknya senantiasa memiliki kesadaran terhadap kewajibannya membayar zakat, apabila sudah ‘nisob’.

Lantaran pada 2018 ini, antara lain diprogramkan pemberian bea siswa kepada masyarakat miskin hingga ke jenjang sarjana (S1), yang pada 2017 bea siswa diberikan hingga tingkat SMP.

Bahkan bantuan rehabilitasi rutilahu juga diprogramkan pada 2018 setiap kecamatan mendapatkan bantuan stimulan untuk tiga unit rutilahu.

Sedangkan bagi warga miskin yang rumahnya berkondisi tak layak huni, bisa mengajukan permohonan kepada UPZIS kecamatan yang dilengkapi SKTM (surat keterangan tidak mampu) dari kelurahan setempat.

Kemudian dari UPZIS permohonan ini direkomendasikan kepada Baznas Kabupaten Garut, selanjutnya Baznas Kabupaten Garut terjun ke lapangan menyelenggarakan peninjauan.

Maupun verifikasi layak tidaknya bisa mendapatkan bantuan stimulan, imbuh Hendi Muhyidin, antara lain menambahkan.

*********

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.