692 Bacaleg Perebutkan 50 Kursi DPRD Garut

0
44 views
Dadang Rukmana.

Garut News ( Ahad, 22/07 – 2018 ).

Dadang Rukmana.

Hingga kini terdapat 692 ‘bakal calon legislatif’ (bacaleg), yang dipastikan memiliki obsesi bisa memerebutkan 50 kursi DPRD Kabupaten Garut.

Mereka berasal dari 15 ‘partai politik’ (parpol) yang mendaftar diri ke KPU kabupaten setempat, sedangkan Partai Garuda tak mendaftarkan bacaleg nya, ungkap Kasub Bagian Teknis KPU Dadang Rukmana.

Kepada Garut News di ruang kerjanya, Ahad ( 22/07 – 2018 ), dia katakan terdapat 13 parpol yang masing – masing mendaftarkan 50 bacaleg.

Terdiri Partai Golkar, PKB, Gerindra, PDI-Perjuangan, Nasdem, Berkarya, PKS, Persatuan Indonesia, PPP, PAN, Hanura, Demokrat, serta PBB.

Kemudian parpol yang masing – masing mendaftarkan kurang dari 50 caleg, yakni PKPI, dan PSI, ungkap Dadang Rukmana pula.

Dalam pada itu jika di Kabupaten Garut terdapat 1.801.630 jumlah pemilih tetap, maka untuk bisa meraih setiap kursi DPRD di kabupaten ini, seorang caleg harus bisa meraih rata – rata sekitar 36.033 suara pemilih.

Meski kenyataannya jumlah raihan suara, yang bisa mengusung seorang caleg menjadi anggota DPRD tersebut, disesuaikan dengan jumlah pemilih di masing-masing ‘daerah pemilihan’ (dapil) nya.

********

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.