4.719 PPDP Garut Berperan Penting Penyelenggaraan Pilkada Serentak

0
19 views
Asep Budiyanto, S.Ag.

“Mereka Hasilkan Basis Data Untuk DPS”

Garut News ( Rabu, 07/02 – 2018 ).

Asep Budiyanto, S.Ag.

Sebanyak 4.719 “Petugas Pemutahiran Data Pemilih” (PPDP) maupun petugas “Pemutahiran Data Pemilih” (Mutarlih) di Kabupaten Garut, Jawa Barat, memiliki peranan dan posisi penting pada penyelenggaraan Pilkada Serentak 2018, baik untuk Pemilihan Gubernur Jawa Barat maupun Pemilihan Bupati.

Lantaran data yang mereka himpun sejak 20 Januari hingga 18 Februari 2018 dari masing-masing sekitar tempat tinggalnya pada setiap “Tempat Pemungutan Suara” (TPS) tersebut, bakal menjadi basis data untuk “Daftar Pemilih Sementara” (DPT).

Petugas Murarlih Sangat Detail Melakukan Pendataan.

Setelah melalui proses penyusunan DPS oleh PPS tingkat desa hingga 13 Maret 2018 mendatang, ungkap Kepala Subag Program dan Data pada Sekretariat KPU kabupaten setempat, Asep Budiyanto, S.Ag.

“Sehingga maksimal diupayakan bisa tercakupnya seluruh pemilih melalui proses pendataan yang sangat diharapkan berlangsung lancar, dan kondusif,” imbuh Asep Budiyanto di ruang kerjanya, Rabu (07/02-2018).

Menyusul di seluruh kabupatennya terdapat 4.719 TPS, yang tersebar pada 42 kecamatan dengan sekitar 442 desa/kelurahan terhampar pada wilayah seluas 3.065,19 km2 dihuni sekitar 2.588.839 penduduk.

Namun banyak di antaranya berlokasi sangat sulit dijangkau petugas dengan kondisi topografi sarat perbukitan dan lembah curam untuk dilintasinya, yang kerap setelah didatangi penduduk sedang tak ada di rumah, antara lain sedang bekerja di ladang atau sawah.

Diperlukan Ketelitian BHerkualitas Tinggi.

Karena itu, diharapkan pula masyarakat senantiasa bisa menerima dengan baik saat didatangi PPDP, imbuh Asep Budiyanto pula.

PPDP melaksanakan pemutakhiran data warga, kemudian melaksanakan pencocokan dan penelitian (coklit) ke rumah setiap penduduk, sebab PPDP berkewajiban mendatangi sumber data pemilih dari pintu ke pintu.

Bersama Kita Sukseskan Pilkada Serentak 2018 Tanpa Ekses.

Pendataan langsung ke rumah warga ini sangat penting, karena harus memastikan yang diverifikasi warganya.

********

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.