Kolam Renang Bagendit Bakal Dijadikan Kolam Ikan

0
36 views

Fotografer : John Doddy Hidayat

Garut News ( Selasa, 21/06 – 2016 ).

Kolam Renang Bagendit Dibangun Tahun 2002, Selama Ini Menyerupai Kerakap Diatas Batu, Hidup Segan Mati pun Tak Mau.
Kolam Renang Bagendit Dibangun Tahun 2002, Selama Ini Menyerupai Kerakap Diatas Batu, Hidup Segan Mati pun Tak Mau.

Lantaran intensitas kunjungan wisatawan pada sejumlah kawasan wisata di Kabupaten Garut selama Puasa Ramadlan 1437/2016 sangat rendah.

Sehingga kondisi tersebut, kerap dimanfaatkan para pengelolanya berbenah menyambut luapan kunjungan wisatawan saat liburan panjang Lebaran Idul Fitri mendatang.

Di antaranyta dilakukan pengelola objek wisata Situ Bagendit, di wilayah Kecamatan Banyuresmi. Mereka berupaya menyelenggarakan sejumlah penataan ragam sarana prasarana, termasuk area kolam renang bertahun-tahun tak termanfaatkan.

Pintu Masuk Kolam Renang Bagendit Selama Ini Pula, Digembok Nyaris Menyerupai Penjara.
Pintu Masuk Kolam Renang Bagendit Selama Ini Pula, Digembok Nyaris Menyerupai Penjara.

Sejak dibangun belasan tahun lalu, kolam renang berbiaya ratusan juta rupiah itu, tak pernah berfungsi maksimal. Lokasinya bakal diubah menjadi tempat bersantai para pengunjung.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Bagendit pada Disbudpar kabupaten setempat, Heri S Heriana katakan, diperlukan biaya cukup besar jika ingin memfungsikan kolam renang ini. Karena itu pihaknya memilih mengubah kawasan tersebut menjadi tempat bersantai para pengunjung.

“Daripada dibiarkan terlantar tak bermanfaat. WC terdapat di sini bisa dimanfaatkan pengunjung. Kolam renang pun bisa dimanfaatkan sebagai kolam ikan untuk daya tarik pengunjung,” katanya, Selasa (21/06-2016).

Dikemukakan, inisiatif pembenahan bangunan kolam renang itu, sebab terdorong rasa prihatin pada aset pemerintah yang selama ini tersia-siakan. Sehingga bisa dikatakan pembenahannya tanpa dibiayai APBD sama sekali.

Diharapkan, bangunan kolam renang dapat siap menyambut kedatangan pengunjung. Terutama pada liburan Lebaran merupakan musim puncak kunjungan wisataan.

Dijelaskan, menyambut kedatangan pengunjung pada musim libur Lebaran nanti, para pelaku usaha terutama pedagang sekitar Situ Bagendit juga selama Ramadlan ini lebih banyak melakukan penataan masing-masing tempatnya berjualan.

Dengan harapan saatnya nanti, para pengunjung betah berada di sana menikmati liburannya.

“Selama Ramadlan ini pengunjung sepi. Para pedagang juga lebih banyak berbenah memerbaiki lapaknya,” kata Heri pula.

“Rancakukuk”

Rancakukuk.
Rancakukuk.

Dalam pada itu, potensi alami sumber daya air Situ atawa Danau Rancakukuk, aset carik desa seluas sekitar 7,5 hektare, seluas 2,5 hektare di antaranya carik Desa Bagendit tersebut, terdapat di wilayah Kecamatan Banyuresmi Garut, Jawa Barat.

Lokasinya pun terbilang masih berdekatan dengan Situ Bagendit, sama-sama dilintasi bentangan ruas badan jalan, yang kerap dijadikan jalan alternatif pada musim arus mudik dan arus balik Lebaran Idul Fitri.

Tetapi, meski selama ini bisa dijadikan wahana wisata sangat prosfektif. Namun destinasi industri pariwisata itu, hingga kini masih merupakan “mosaik” yang masih “idle”, lantaran belum maksimal dikelola proporsional dan profesional.

Padahal berlokasi pada lintasan ruas badan jalan jalur alternatif mobilitas ragam moda transfortasi antara Jakarta – Surabaya, dan sebaliknya.

Sedangkan potensi ekonomi Danau Rancakukuk tersebut, selain menjadi wahana pembudidayaan ragam jenis ikan air tawar.

Seperti antara lain jenis ikan mas, nila, deleg juga lele. Juga hampir sepanjang lintasan bibir pantainya pun. Selama ini oleh penduduk setempat, dijadikan areal persawahan.

********

( nz, jdh ).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here