3.400 Penduduk Penerima Manfaat Jaringan Air Bersih

0
36 views
rd. satriabudi Bersama H. Oo Idham Chlaid.

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat

Garut News ( Jum’at, 15/07 – 2016 ).

rd. satriabudi Bersama H. Oo Idham Chlaid.
rd. satriabudi Bersama H. Oo Idham Chlaid.

Sedikitnya terdapat 3.400 penduduk Kabupaten Garut, Jawa Barat, menjadi penerima manfaat pembangunan jaringan air bersih pedesaan, yang bersumber dari “Dana Alokasi Khusus” (DAK) tahun anggaran 2016 ini.

Mereka tersebar pada tujuh desa di tujuh wilayah kecamatan, yang masing-masing desa/kecamatan, mendapatkan alokasi dana kegiatan pembangunan Rp370 juta.

Kepala Bidang Penyehatan Lingkungan Pemukiman/Air Bersih pada Distarkim kabupaten setempat, Rd. Satriabudi didampingi PPK, H. Oo Idham Chalid katakan, setiap desa/kecamatan antara lain dibangun penangkap air, jaringan perpipaan, penampung air, serta sambungan pada setiap rumah penduduk.

Penduduk Kerap Mencari Air Bersih di malam Hari.
Penduduk Kerap Mencari Air Bersih di malam Hari.

Mereka mengemukakan, masing-masing 80 kepala keluarga (KK) atawa 400 penduduk penerima manfaat tersebut, tersebar pada Desa Sanding Kecamatan Malangbong, Desa Gunung Jampang Kecamatan Bungbulang, Desa Pancasura (Singajaya).

Kemudian di Desa Pasanggarahan (Cilawu), Jatisari (Cisompet), serta di Desa Tanjung Anom Samarang. Sedangkan di Desa Sukalaksana Samarang jumlah penerima manfaatnya bisa mencapai 400 KK maupun seribu penduduk, katanya.

Pembangunan itu bisa terselenggara, berdasar usulan dari masing-masing desa, sehingga guna menyukseskan keberhasilan maksimal pembangunannya, diselenggarakan kegiatan “Pra Contruction Meeting” (PCM) sebagai upaya nyata keterbukaan SOPD kepada masyarakat desa penerima manfaat.

Dengan mengupayakan program kegiatan yang akan dilaksanakan, juga bisa memberikan manfaat komunal secara maksimal, kata Satriabudi.

Karena itu, pada pertemuan formal yang berlangsung di Aula Distarkim, Jum’at (15/07-2016) ini, antara lain diikuti kalangan penyedia jasa, masing-masing kepala desa sebagai penerima manfaat, konsultan pengawas, serta jajaranĀ Bidang Penyehatan Lingkungan Pemukiman/Air Bersih.

 

******