ARTIKEL 

Sepucuk Surat dari Rohingya

Sabtu , 09 September 2017, 07:05 WIB Red: Agus Yulianto REPUBLIKA.CO.ID, Oleh : Syukri Wahid *) Teruntuk saudaraku di Indonesia. Assalamu’alaikum…. Entah mengapa harus kutulis surat ini untuk kalian, setidaknya mungkin kita punya akar sejarah yang sama, bahwa negara kita lahir dari rahim keterjajahan. Kendati tiga tahun saja selisih negara kita menghirup udara merdeka atas penjajah, kalian lama dijajah Belanda. Sedangkan kami di sini lama dijajah Inggris dan yang sudah pasti alasan apa yang membuatku menulis surat ini untuk kalian bahwa Indonesia adalah tetangga kami yang mayoritas penduduknya Muslim.

Read More
FOTO BERITA 

Kantor Bupati Dikepung Pedagang Merenggut Hak Pejalan Kaki

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat Garut News ( Sabtu, 09/09 – 2017 ). Foto berita Garut News pada akhir pekan ini, Sabtu (09/09-2017), menampilkan kondisi sangat memprihatinkan, semrawut bahkan ‘acak kadut’ seputar lingkungan pusat pemerintahan terdiri komplek perkantoran Setda juga kantor Bupati, Wakil Bupati, Sekda, serta DPRD Kabupaten Garut. Lantaran selama ini kian sarat dikepung para pedagang ragam jenis makanan dan minuman ringan, mereka membuka maupun memasang lapaknya masing-masing, sehingga nyaris memenuhi seluruh lintasan trotoar atau kaki lima, berakibat ‘terenggutnya’ hak para pejalan kaki.

Read More
ARTIKEL 

Catatan Suram Atlet Indonesia

Sabtu , 09 September 2017, 06:00 WIB Red: Maman Sudiaman Oleh : Asma Nadia REPUBLIKA.CO.ID, Tiba-tiba saya teringat Uday bin Saddam, Komite Olimpiade Irak di akhir tahun 90-an, saat melihat prestasi Indonesia di Sea Games. Dalam buku Tuhan, Kenapa Kau Memberiku Wajah Ini, putra sulung sang penguasa Irak digambarkan sering memukuli atlet yang tidak mampu mencapai target. Sebenarnya ini sudah menjadi rahasia umum. Walau ketika FIFA menyelidiki isu tersebut, tidak terbukti. Uniknya, setelah lelaki paling ditakuti urutan kedua di Negeri 1001 Malam tewas pada 2003, Irak justru mencapai prestasi yang…

Read More