2.475 Korban Banjir Garut Tersebar Pada Dua Kecamatan

0
45 views
Dadang Bunyamin Bersama Dapur Umum.

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat

Garut News ( Rabu, 07/06 – 2017 ).

Dadang Bunyamin Bersama Dapur Umum.
Dadang Bunyamin Bersama Dapur Umum.

Sedikitnya 2.475 penduduk dari 471 kepala keluarga korban terdampak banjir di Kabupaten Garut, Senin (06/06-2017) malam, mereka tersebar pada dua wilayah kecamatan, Kecamatan Tarogong Kidul dan Kecamatan Tarogong Kaler.

Kepala Bidang Perlindungan Jaminan Sosial pada “Dinas Sosial dan Transmigrasi” (Dinsostrans) kabupaten setempat, Dadang Bunyamin katakan di wilayah Kecamatan Tarogong Kidul, luapan deras banjir masing-masing berlangsung pada Desa/Kelurahan Jayawaras, Sukagalih, Mekargalih, juga Tarogong.

Dari keempat desa/kelurahan di Kecamatan Tarogong Kidul, banjir besar tersebut melanda 20 titik lokasi maupun  perkampungan dengan total korban terdampak mencapai sekitar 143 kepala keluarga atau 1.222 penduduk.

Kegiatan Dapur Umum.
Kegiatan Dapur Umum.

Sedangkan luapan banjir di Kecamatan Tarogong Kaler, masing-masing melanda Desa/Kelurahan Cimanganteun dengan empat titik lokasi maupun perkampungan terdampak, kemudian Rancabango terjadi pada satu titik lokasi maupun Pesantren Persis, serta di Sirnajaya melanda titik lokasi Pesona Intan.

Total korban terdampak banjir di seluruh wilayah Kecamatan Tarogong Kaler, mencapai sekitar 228 kepala keluarga atau 1.153 penduduk, ungkap Dadang Bunyamin di ruang kerjanya kepada Garut News, Rabu (06/06-2017).

Dikemukakan, di Kelurahan Jayawaras yang menjadi korban banjir juga meliputi lima unit mobil, 12 unit sepeda motor, dua unit rumah jebol, satu Mushola terendam, 15 rumah kosong, jalan lingkungan rusak berat, saluran air rusak, sarana air bersih (PDAM) juga rusak, meubeler satu unit, serta satu unit warung kelontongan.

Kerusakan di Kelurahan Sukagalih terdiri, satu unit pabrik tahu, STIE Yasa Anggana, satu unit bengkel mobil, satu unit masjid, satu unit bangunan heuleur, 17 unit mobil, lima unit motor, serta satu unit becak.

Kemudian kerusakan di Desa Rancabango terdiri tiga unit dokar, satu unit kios rokok, dua unit masjid, tiga unit sepeda motor, sekitar 15 hektare lahan sawah, sekitar 30 hektare lahan kebun, dan sekitar tiga hektare kolam.

Dinas Sosial pun memasok bantuan pemenuhan kebutuhan saur dan berbuka puasa selama tiga hari, berupa 1.300 nasi bungkus ke Pesantren Persis Rancabango, yang proses pemberian bantuan ini berlangsung sejak Senin (06/06-2017). Pengiriman logistik juga dipasok pada korban di Kelurahan Jayawaras.

 

************