Kebijakan Bupati Bongkar Pasang Pejabat Menuai Kontoversi

0
10 views

Garut News ( Selasa, 06/01 – 2015 ).

Disorot. (Foto : John Doddy Hidayat).
Disorot. (Foto : John Doddy Hidayat).

Langkah Bupati Garut Rudy Gunawan memutasi besar-besaran 17 pejabat struktural, dan melantiknya di Gedung Pendopo kabupaten setempat, Selasa (06/01-2015) pagi, ternyata menuai banyak kontroversi.

Lantaran sejumlah pihak menilai atawa berpendapat,  pergantian pejabat tersebut tak memiliki pola dan arah jelas.

Apalagi sejumlah terdapat pejabat dipindahtugaskan itu, baru menjabat kurang dari enam bulan.

Ketua HMI Cabang Garut, Dian Elven Hasanuddin bahkan juga menuding, ada indikasi titipan pada penempatan jabatan tersebut.

Kata dia, kompetensi, pendidikan, dan rekam jejak calon pejabat malahan diabaikan.

“Ironisnya, bupati sempat menyebutkan Camat Pangatikan Undang Suryana akan menduduki jabatan Kepala Bapusipda sebab hasil tes kompetensi lelang jabatannya terbaik. Namun saat tiba pelantikan, justru Lisnawati dilantik. Ini kan membingungkan,” ungkap Dian .

Peneliti Masyarakat Peduli Anggaran Garut (MAPAG) Haryono berharap, Rudy bisa mengukur masing-masing pejabat dilantik dengan memertimbangkan pengalaman hasil mutasi sebelumnya diklaim melalui fit and proper test.

Sehingga Rudy tak lagi ceroboh melakukan mutasi dan rotasi pejabat tersebut.

“Jika mutasi kemarin dilakukan melalui fit and proper test dan tes pauli, lalu sekarang dilakukan lagi mutasi, ini tentu menimbulkan pertanyaan,” bebernya.

Rudy katakan, pergantian pejabat itu dilakukan sebagai langkah penyiapan pembentukan formasi aparat siap bekerja.

Tahun ini, tahun pertama pelaksanaan visi misi dituangkan “Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah” (RPJMD) 2014-2019.

Dikemukakan, mutasi dan rotasi dilakukan memerhatikan kompetensi, usia, dan masa jabatan. Dia juga menjamin langkah ini memercepat perubahan pembangunan di Garut, katanya.

“Sudah satu tahun kami merasa belum lakukan apa-apa. Pelantikan ini adalah pembenahan sistem secara bertahap,” katanya pula, antara lain.

********

Noel, Jdh.