1.513 Calhaj Asal Garut Terbagi Tiga Kloter

Garut News ( Kamis, 21/08 – 2014 ).

Ilustrasi. (Foto : John Doddy Hidayat).
Ilustrasi. (Foto : John Doddy Hidayat).

– Sedikitnya 1.513 “calon jamaah haji” (calhaj) asal Kabupaten Garut, Jawa Barat, bakal diberangkatkan menunaikan ibadah haji ke tanah suci Makkah pada musim haji 1435 H/2014 ini.

Mereka terbagi empat kloter meliputi kloter tiga, 61, 70, dan kloter 83.

Sedangkan pemberangkatan pertama diikuti para calhaj tergabung kloter tiga, pada 2 September. Disusul kloter 61 pada 21 September, kemudian kloter 70 (23 September), dan terakhir kloter 83 (27 September).

“Hingga kini belum ada perubahan jumlah calhaj bakal berangkat. Apakah terdapat mengundurkan diri atawa tidak. Kepastiannya diketahui 22 Agustus, batas terakhir pelunasan ONH (ongkos naik haji),” kata Kepala Kantor Kementerian Agama kabupaten setempat Usep Saepudin Muhtar didampingi Kepala Urusan Haji dan Umroh, Irwan Nurjaman, Kamis (21/08-2014).

Dikemukakan Irwan, seperti tahun-tahun sebelumnya, dari total calhaj asal Garut, sekitar 200 calhaj kemungkinan diberangkatkan terpisah.

Mereka calhaj yang tergabung bimbingan ibadah haji Persatuan Islam (Persis), diberangkatkan dari Bandung.

Menurut dia, dari segi usia, kebanyakan calhaj Garut berusia 50 tahun ke atas. Calhaj termuda berusia sekitar 18 tahun.

Sedangkan calhaj paling tua berusia sekitar 88 tahun, asal Kecamatan Malangbong.

“Kalau dari segi jenis kelamin, antara pria dengan wanita ya berimbanglah. Kita berharap, calhaj asal Garut diberi kelancaran dan keselamatan. Sehingga bisa menjalankan ibadah dengan baik, dan kembali ke tanah air dengan selamat,” imbuh Irwan.

*****

Noel, Jdh.

Related posts